Manfaat Kencur

Tidak Hanya Menambah Nafsu Makan, Kencur Juga Kaya Akan Manfaat Lain

Manfaat Kencur Yakni Menambah Nafsu Makan, Obat Batuk, Obat Sakit Kepala dan Masih Banyak Lagi.

Kencur merupakan salah satu tanaman khas Indonesia yang sudah digunakan sebagai bumbu masakan dan juga obat tradisional. Pemanfaatan kencur ini tentunya didasarkan pada rasa dan juga kandungan penting yang sangat berguna bagi tubuh. Untuk rasanya sendiri, kencur memiliki rasa pahit, pedas, tapi terasa hangat saat masuk ke dalam tubuh.

Sedangkan untuk bentuknya hampir mirip dengan jahe, temulawak dan kunyit sebab tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Aroma yang khas merupakan salah satu perbedaan mencolok dari kencur, kunyit, dan jahe. Kencur memiliki aroma yang sangat kuat, bahkan bisa agak menyeruak.

Kandungan Dan Senyawa Kimia Pada Kencur

Nah, ternyata kencur sendiri kaya akan kandungan penting yang dapat dimanfaatkan sebagai pengobatan alternatif yang sangat berkhasiat bagi tubuh. Apa sajakah kandungan tersebut? Berikut adalah komposisi zat yang terkandung pada kencur seperti yang dikutip dari laman https://id.wikipedia.org/wiki/Kencur.

  • pati (4,14 %),
  • mineral (13,73 %),
  • minyak-minyak atsiri (0,02 %), berupa
    • sineol,
    • asam metil kanil dan penta dekaan,
    • asam sinamat,
    • etil ester,
    • borneol,
    • kamphene,
    • paraeumarin,
    • asam anisat,
    • alkaloid dan
  • gom.

7 Manfaat Kencur Sebagai Obat Herbal Alami

Setelah kita tahu kandungan dan senyawa kimia di dalam kencur, tentunya kita bisa tahu kalau kencur dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal.  Beraneka jenis penyakit dipercaya dapat diatasi dengan menggunakan ramuan dari bahan dasar kencur tersebut. Apa sajakah manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi kencur? Silahkan simak penjelasan berikut.

1. Menambah Nafsu Makan

Bagi Anda yang ingin menambah nafsu makan, Anda dapat menggunakan kencur sebab mengandung minyak atrisi pada kencur memiliki sifat carminative. Untuk mendapatkan manfaat tersebut kita bisa mengonsumsi jamu beras kencur yang merupakan merupakan campuran dari kencur, beras, gula merah, dan asam jawa. Konsumsi beras kencur tidak mengenal usia sehingga aman di konsumsi anak-anak maupun orang dewasa.

2. Obat Batuk Herbal

Jika Anda sedang menderita batuk, maka anda dapat mencoba obat batuk alami dari bahan dasar kencur. Caranya dengan bersihkan kulit kencur lalu diparut. Setelah itu di diperas diambil sarinya. Sebagai bahan campurannya berupa setetes air jeruk nipis dan sedikit madu. Diminum 3 kali sehari. Kandungan senyawa flavonoid, saponin, polifenol dan minyak atsiri yang dipercaya memiliki kemampuan sebagai anti-bakteri yang menjadi penyebab batuk.

3. Obat Sakit Kepala

Sakit kepala jangan melulu meminum obat pabrik. Sebab dengan mengonsumsi obat herbal juga cukup ampuh untuk mengatasinya. Salah satunya yakni dengan mengonsumsi olahan kencur. 4 lembar daun kencur lalu tumbuk sampai halus. setelah itu oleskan atau kompres ke kening kepala yang pusing. Selain itu mengonsumsi jamu beras kencur dapat memberikan efek meredakan sakit kepala.

4. Meredakan Flu

Kencur memiliki sifat hangat yang dapat dimanfaatkan untuk meredakan pilek. Cara membuatnya yakni rimpang kencur sebesar ibu jari dan 2 lembar daun kemukus (lada berekor/cubeb). Kedua bahan tersebut ditumbuk halus. Tambahkan beberapa sendok air hangat. Oleskan/bobokkan di seputar hidung.

5. Meredakan Stres

Aroma kencur bisa dijadikan sebagai campuran aromaterapi. Ekstrak tanaman kencur baik rimpang/akar dan daunnya memiliki sifat antidepresan terhadap sistem saraf pusat yang bisa memberikan efek sedatif atau menenangkan. Dengan kata lain kencur bisa digunakan untuk meredakan stres, cemas, gelisah, dan depresi.

6. Mengurangi Kolesterol Jahat

Penelitian dari Fakultas Kedoktoran Universitas Tanjungpura menunjukkan, jamu gendong beras kencur memiliki aktivitas anti-diabetes yang ditunjukkan dengan adanya penurunan kadar glukosa darah. Jamu yang terbuat dari Kencur dapat mempromosikan produksi empedu dalam tubuh kita. Empedu bertanggung jawab untuk penyerapan nutrisi dan menghilangkan toksin, termasuk kolesterol jahat.

7. Mencegah Jerawat

Sifat anti inflamasi pada kencur dapat dimanfaatkan untuk mengobati jerawat. Sebab sifat anti inflamasi ini mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Kencur juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi wanita yang sedang haid karena haid terkadang dapat menyebabkan pertumbuhan jerawat yang cepat pada wajah.

Demikianlah ulasan kami mengenai manfaat kencur bagi kesehatan tubuh manusia. Semoga dapat menambaj wawasan dan dapat berguna bagi Anda sekalian. Terima kasih.

Langganan Artikel Terbaru Kami ✅

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan posting baru melalui email.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *