obat batuk herbal

Tanaman Ini Ampuh Untuk Obat Batuk Alami, Silahkan Baca

Sebelum Menggunakan Obat Buatan Pabrik, Sebaiknya Anda Mencoba Obat Batuk Alami Yang Tidak Terlalu Memiliki Efek Samping.

TanamanObat – Pada artikel pertama ini kami akan membagikan tentang tanaman yang dapat dijadikan sebagai obat batuk alami. Jika Anda sedang menderita peyakit batuk ini, jangan terlalu cepat memutuskan untuk mengkonsumsi obat buatan pabrik. Terutama jika Anda hanya mengalami batuk biasa yang bisa saja disembuhkan dengan bahan alami.

Bahan alami jelas saja lebih aman jika kita bandingkan dengan obat buatan pabrik yang mengandung banyak bahan kimia. Apalagi jenis obat saat ini sudah sangat banyak dan kita perlu waspada sebab bisa saja obat yang kita gunakan tidak cocok dengan pertahanan tubuh kita. Ini akan berbeda dengan bahan alami atau yang berasal dari tumbuhan yang tidak terlalu memiliki efek samping.

Pada dasarnya batuk ini merupakan respon alami yang diberikan tubuh kita sebagai sistem pertahanan untuk mengeluarkan zat dan partikel dari dalam saluran pernapasan, serta mencegah benda asing masuk ke saluran napas bawah. Secara umum terdapat dua jenis penyakit batuk yakni batuk kering yang disertai dengan rasa gatal di tenggorokan dan juga batuk berdahak.

Apa Saja Penyebab Penyakit Batuk?

Penyebab penyakit batuk ini bisa beragam. Batuk berdahak biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti berikut ini.

  • Penyebab pertama yakni peradangan paru-paru / Pneumonia yang diakibatkan oleh infeksi virus bakteri, atau jamur.
  • Penyebab kedua yakni peradangan lapisan dalam saluran di bawah tenggorokan yang menyambung ke paru-paru atau dinding bronkus.
  • Penyebab ketiga yakni menderita penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) yang dapat mengakibatkan kesulitan bernapas yang disebabkan oleh paparan zat iritan dalam waktu yang lama.
  • Penyebab lainnya adalah karena Asma dan Post nasal drip.

Untuk batuk tidak berdahak biasanya disebabkan oleh alergi, asam lambung, asma dan infeksi firus.

Obat Batuk Dari Bahan Alami

Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat batuk alami yang kami kutip dari https://health.detik.com/.

  1. Daun Sirih. Cara penggunaan: rebus beberapa helai daun sirih. Anda juga bisa menambahkan jahe dan kemudian diminum saat masih hangat.
  2. Cabai Jawa. Cara penggunaan: tumbuk beberapa buah cabai jawa kemudian campur dengan 1 sendok madu dan kemudian diminum.
  3. Lemon dan Jeruk Nipis. Cara penggunaan: ambil perasan air lemon dan jeruk nipis. Kemudian campur dengan 1 sendok madu dan segelas air dan minum.
  4. Daun Kayu Putih. Cara penggunaan: rebus beberapa daun kayu putih hingga mendidih dan diminum dalam keadaan hangat.
  5. Asam Jawa. Cara penggunaan: campurkan asam jawa dan gula merah dalam segelas air hangat dan diminum saat masih hangat.
  6. Bawang Putih dan Bawang Merah. Cara penggunaan: Anda bisa mengkonsumsinya secara mentah. Atau jika mau Anda bisa mmbuatnya sebagai jus
  7. Daun Peppermint. Cara penggunaan: rebus daun peppermint kemudian dekatkan uap rebusan daun pada hidung anak untuk dihirup.
  8. Jahe. Cara penggunaan: Anda dapat menjadikannya wedang jahe yang dapat Anda minum setiap hari.
  9. Belimbing Wuluh. Cara penggunaan: peras beberapa buah belimbing wuluh, tambahkan 1 sendok garam dan segelas air. Minum 2 – 3 kali sehari.
  10. Kunyit. Cara penggunaan: parut beberapa potong kunyit dan campurkan dengan sendok garam, setelah itu bisa langsung di minum.
  11. Daun Kemangi. Cara penggunaan: rebus daun kemangi dan dimakan. Atau Anda juga bisa menjadikannya jus.
  12. Biji Rami. Cara penggunaan: rebus biji rami, setelah itu campur dengan perasan air lemon dan 1 sendok madu dan diminum.
  13. Daun Seledri. Cara penggunaan: Anda dapat menjadikannya jus dan diminum setiap 3 jam sekali.
  14. Lada Hitam. Cara penggunaan: campurkan beberapa lada hitam dengan segelas air hangat dan diminum saat masih hangat.

Demikian infromasi dari kami tentang obat batuk alami yang berasal dari tanaman disekitar kita. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami penyakit batuk dan dapat teratasi dengan cepat dan benar. Terima kasih.

Langganan Artikel Terbaru Kami ✅

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan posting baru melalui email.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *