Manfaat jahe

Tak Hanya Hangatkan Tubuh, Berikut Ini Kegunaan Jahe Bagi Kesehatan

Tanaman Rempah Jahe Memberikan Manfaat Bagi Tubuh Seperti Menghilangkan Bau Mulut, Mencegah Penyakit Kanker, Meningkatkan Kesuburan Pria dan Lain-lain.

Jahe atau bahasa ilmiahnya Zingiber officinale adalah salah satu jenis tanaman pengahasil rempah yang banyak digunakan. Rempah ini dihasilkan oleh rimpangnya ini sudah lama dikenal sebagai penyedap rasa beraneka masakan dan minuman. Kita juga tahu kalau jahe tersebut dapat memberikan rasa hangat bagi tubuh terutama mengonsumsi jahe dalam bentuk minuman seperti teh jahe, susu jahe dan minuman terkini seperti bandrek.

Bentuk jahe sendiri sama persis dengan tanaman lengkuas, kunyit dan tanaman temu-temuan lainnya. Jahe sendiri dikenal dengan berbagai sebutan seperti sipodeh (Minangkabau), halia (Aceh), beuing (Gayo), bahing (Karo), jahi (Lampung) dan lain sebagainya. Jahe hanya bisa tumbuh dengan subur di daerah tropis seperti Asia Tenggara, Brasil, dan Afrika.

Kandungan Nutrisi Tanaman Jahe

Saat ini jahe sudah diolah kedalam berbagai bentuk seperti Jahe kering, Awetan jahe, Jahe bubuk, Minyak jahe dan Oleoresin jahe. Nah, tentu saja tanaman ini juga memiliki kandungan nutrisi penting bagi kesehatan sehingga bisa dijadikan sebagai bahan ramuan obat herbal yang sangat berkhasiat. Berikut ini adalah kandungan Nutrisi / Gizi pada tanaman jahe.

Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori80kcal
Karbohidrat17,77g
Air78,89g
Protein1,82g
Gula1,7g
Serat1,7g
Lemak0,75g
Vitamin A0µg
Vitamin C5mg6%
Vitamin D0µg
Vitamin E0mg
Vitamin B1 (Thiamine)0,025mg2%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,034mg3%
Vitamin B3 (Niacin)0,75mg5%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,203mg4%
Vitamin B9 (Folat)11µg3%
Kalsium16mg2%
Zat Besi0,6mg5%
Magnesium43mg12%
Fosfor34mg5%
Potassium (Kalium)415mg9%
Sodium13mg1%
Seng (Zinc)0,34mg4%

7 Khasiat Yang Bisa Didapatkan Dari Tanaman Jahe

Nah, sekarang kita akan melihat apa saja kegunaan jahe bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut adalah 7 manfaat jahe yang bisa dijadikan pedoman untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

1. Menghilangkan Bau Mulut

Rasanya kita akan merasa minder ketika berbicara jika mulut berbau tidak sedap. Untuk mengatasi ini kita bisa memanfaat jahe sebagai obata herbal yang praktis dan terjangkau. Caranya dengan merendam rimpang jahe yang sudah dibersihkan dengan air hangat dan kumur selama beberapa menit.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Jahe merupakan sumber antioksidan tinggi dan senyawa penting yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker pada usus besar, lambung, pankreas dan hati. Peneltian pernah mengungkapkan jahe juga dapat mencegah penyebaran dan mengurangi tingkat keparahan sel tumor.

3. Memperlancar Sistem Pencernaan

Manfaat lain juga bisa didapatkan untuk menyehatkan saluran cerna. Jahe dipercaya mampu membersihkan usus besar, memperlancar buang air besar dan membuang gas yang beracun. Kandungan senyawa antibakteri yang ada dalam jahe dapat melawan bakteri jahat, seperti Escherichia coli, Salmonella enteriditis, dan Staphylococcusaureus.

4. Meningkatkan Kesuburan Pria

Kandungan antioksidan dan memiliki aktivitas androgenik dapat meningkatkan jumlah hormon testosteron sehingga dapat meningkatkan kesuburan dan stamina pria. Jahe juga kaya akan senyawa cineole dan arginine yang mampu mengatasi masalah ejakulasi dini pada pria. Tidak hanya itu saja, kandungan senyawa cinele dan arginine mampu merangsang ereksi, mencegah kemandulan serta memperkuat daya tahan sperma.

5. Melawan Penyakit Jantung dan Stroke

Manfaat penting yang bisa didapatkan adalah mampu membantu tubuh kita dalam melawan penyakit jantung dan stroke. Manfaat ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi jahe bersama tanaman lainnya seperti bawang putih & bawang merah. Ketiga jenis tanaman ini mamiliki kemampuan untuk mencegah penyumbatan darah sehingga bila dikonsumsi bersamaan, pastinya penyakit jantung atau stroke takkan berani mendekat.

6. Melegakan Pernafasan

Toksin yang mengendap didalam tubuh dapat dibersihkan dengan mengonsumsi jahe. Dengan demikian tubuh bebas infeksi, terutama di saluran pernafasan. Jahe juga membantu menurunkan reaksi peradangan atau inflamasi pada saluran pernapasan yang sering dijumpai pada penderita asma ketika serangan akut terjadi.

7. Mencegah Infeksi Bakteri Dan Jamur

Jahe sudah terbukti efektif dalam mendongkrak sistem kekebalan tubuh. Jahe dapat membantu membunuh bakteri dan jamur yang dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Untuk mendapatkan manfaat ini, campurkan beberapa tetes minyak esensial jahe murni dengan tea tree dan 1 sdt minyak kelapa, lalu aplikasikan 3 kali sehari.

Itulah informasi mengenai kegunaan tanaman jahe bagi kesehatan tubuh manusia. Semoga informasi yang kami berikan ini dapat menambah wawasan dan berguna bagi anda. Terima kasih.

Langganan Artikel Terbaru Kami ✅

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan posting baru melalui email.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *