Manfaat Tanaman Seledri

Selain Penyedap Rasa, Inilah Manfaat Seledri Bagi Kesehatan

Manfaat Seledri Yakni Sebagai Anti Inflamasi, Menurunkan Tekanan Darah, Menunrunkan Kolesterol dan Banyak Lagi.

Tak hanya dijadikan sebagai rempah penyedap rasa, seledri ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Mungkin banyak orang yang belum mengenali khasiat yang diberikan oleh tanaman seledri tersebut. Namun secara tidak sadar, ketika mengkonsumsi tanaman tersebut, kita sudah mendapatkan manfaat karena kandungannya.

Seledri justru menjadi sumber nutrisi penting bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan tanaman tersebut mengandung vitamin B6, vitamin C, vitamin A, vitamin K, kalsium, potasium, folat, serat dan protein. Kandungan nutrisi ini jelas sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia seperti Vitamin B6 yang merupakan nutrisi penting bagi fungsi darah, kulit, dan sistem saraf pusat.

Kandungan Nutrisi Tanaman Seledri

  1. Energi 67 kJ (16 kkal)
  2. Karbohidrat 2,97 g (termasuk serat)
  3. Lemak 0,17 g
  4. Protein 0,69 g
  5. Vitamin A 22 ug
  6. Tiamin (B 1 ) 0,021 mg
  7. Riboflavin (B 2 ) 0,057 mg
  8. Niasin (B 3 ) 2%0,320 mg
  9. Asam Pantotenat (B 5 ) 0,246 mg
  10. Vitamin B 6 0,074 mg
  11. Folat (B 9 ) 36 ug
  12. Vitamin B 12 0,00 μg
  13. Kolin 6,1 mg
  14. Vitamin C 3,1 mg
  15. Vitamin D 0 IU
  16. Vitamin E 0,27 mg
  17. Vitamin K 29,3 μg
  18. Kalsium 40 mg
  19. Tembaga 0,035 mg
  20. Besi 0,20 mg
  21. Magnesium 3%11 mg
  22. Fosfor 24 mg
  23. Kalium 260 mg
  24. Sodium 80 mg
  25. Seng 0,13 mg

Berdasarkan data nutrisi yang kami kutip dari laman Wikipedia tersebut, kita bisa tahu kalau tanaman seledri memiliki kandungan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Oleh karena itu kita bisa menggunakannya sebagai salah satu bahan obat herbal alami yang tidak terlalu memiliki efek samping.

Apa Sajakah Manfaat Dari Tanaman Seledri?

Baiklah, sekarang kita masuk ke inti pembahasan yakni manfaat tanaman seledri bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah 7 manfaat yang akan kita dapatkan dengan mengkonsumsi tanaman seledri tersebut.

1. Sebagai Anti Inflamasi

Inflamasi sangat merusak bagi tubuh karena dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kanker dan arthritis. Zat yang dibutuhkan sebagai Anti Infalmasi adalah zat polysaccharides dan antioksidan yang terkandung pada tanaman seledri.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Untuk menurunkan tekanan darah pada penderita hipertensi, ekstrak seledri bisa dijadikan sebagai bahan pengobatan alternatif. Cukup jadikan seledri sebagai jus atau kita bisa mengkonsumsi suplemen yang berbahan dasar daun seledri.

3. Menurunkan Berat Badan

Seledri mampu membantu mengatur metabolisme lemak (lemak) bisa menjadi makanan pilihan saat Anda sedang ingin menurunkan berat badan menggunakan obat pelangsing herbal. Kandungan kalorinya yang rendah jelas saja sangat penting untuk proses diet yang sedang kita jalani.

4. Menurunkan Kolesterol

Mengkonsumsi tanaman seledri secara teratur dapat membantu bagi penderita kolesterol tinggi. Tambahkan seledri dalam asupan makanan harian dan komponen 3-n-butylphthalide (BuPh) bakal bekerja menurunkan kolesterol. Hal ini dikarenakan seledri mengandung senyawa unik yang disebut 3-n-butylphthalide (BuPh) yang dapat menurunkan lipid.

5. Meredakan Batuk

Bagi Anda yang sedang menderita batuk, anda bisa menggunakan ramuan herbl dari tanaman seledri sebagain obat batuk alami. cuci 30 gram seledri segar, lalu potong-potong dan rebus dalam 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan minum air rebusan tersebut.

6. Sebagai Obat Rematik

Seledri mengandung psoralen yang berfungsi sebagai zat kimia penghancur radikal bebas. Seledri juga mengandung sodium tinggi yang bermanfaat untuk rematik dan menjaga daya tahan tubuh. Cukup rendam siram lembar tanaman seledri yang sudah dibersihkan dengan air hangat. Gunakan sebagai lalapan untuk menmbah selera makan.

7. Meredakan Nyeri Haid

Untuk mengurangi intensitas dan lamanya rasa nyeri yang dirasakan saat haid, para wanita bisa mengkonsumsi produk yang mengandung seledri dengan campuran beberapa bahan lain. Anethole fitokimia dalam seledri membantu mengatasi gejala yang dapat terjadi selama menstruasi.

Itulah 7 manfaat tanaman seledri bagi kesehatan tubuh manusia. Sebenarnya masih banyak manfaat lain seperti mencegah kanker, pembangkit nafsu makan, menyehatkan ginjal, obat herbal anti bakteri, mencegah infeksi dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *