Manfaat Bayam

Selain Menguatkan Tulang dan Otot, Kenali Juga Manfaat Bayam Berikut Ini!

Sayur Bayam Sangat Penting Untuk Menguatkan Tulang dan Otot, Menjaga Kesehatan Mata Dan Lain Sebagainya.

Bayam merupakan salah satu tanaman yang dijadikan sayuran lezat dan disukai banyak orang. Tanaman ini sudah tersebar ke seluruh dunia dan merupakan sayuran paling favorit saat ini. Aneka sayuran dapat disajikan dengan bahan utama bayam seperti sup bayam, sayur bobor, pecel urap, perkedel, omelet dan lain sebagainya.

Terdapat dua jenis bayam yakni bayam petik dan bayam cabut. Bayam petik memiliki batang yang lebih besar dan berdaun lebar. Sedangkan bayam cabut berukuran lebih kecil dan ditanam untuk waktu singkat (paling lama 25 hari).

Kandungan Nutrisi Penting Bayam Hijau

Salah satu kandungan nutrisi penting dalam bayam adalah zat besi yang sangat berguna bagi penderita anemia. Kandungan penting lainnya yakni vitamin yang terdiri dari vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin E.

Selain itu bayam juga mengandung mineral yang terdiri dari magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium. Tak hanya itu saja, bayam juga mengandung sedikit kalori dan lemak namun kaya akan serat dan antioksidan.

7 Manfaat Bayam Hijau Bagi Kesehatan Manusia

Mungkin Anda sudah pernah menonton serial kartun Popeye dimana bayam merupakan makan utama bagi si Popeye untuk menambah kekuatannya. Hal tersebut jika kita lihat dari kandungan yang dimiliki, memang benar adanya. Sebab bayam hijau memang sangat berguna untuk meningkatkan stamina. Berikut ini adalah 7 manfaat dari bayam yang bisa kita dapatkan.

1. Menguatkan Tulang dan Otot

Mungkin inilah yang menjadi inspirasi serial kartun Popeye. Sebab kandungan vitamin K pada bayam sangat membantu menyerap kalsium oleh tulang sehingga tulang menjadi kuat. Bayam juga mampu mencegah terjadinya osteoporosis terutama bagi mereka yang sudah lanjut usia. Selain itu bayam juga berperan untuk mengencangkan otot. Oleh karena itu mengonsumsi sayur bayam sangat disarankan bagi mereka yang ingin punya otot yang kencang.

2. Mencegah Kanker

Sumber makanan sehat ini juga berguna untuk melawan serangan kanker. Kandungan Fitonutrien serta Flavonoid pada bayam dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Sayur bayam juga sudah terbukti secara efektif mampu untuk mencegah timbulnya kanker prostat yang semakin agresif pada seseorang.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Bayam juga mengandung Lutein, antioksidan serta Zeaxanthin yang bermanfaat untuk melindungi mata terhadap munculnya katarak dan degenerasi makula (ARMD) pada usia lanjut. Selain itu, makan bayam hijau juga baik untuk mengurangi rasa gatal di mata, bantu mengobati ulkus mata, dan gangguan pada mata lainnya.

4. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat mengonsumsi sayur bayam untuk mengatasinya. Sebab bayam mengandung vitamin C yang berpenting menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan mengonsumsi sayur bayam, kita akan terbantu dalam menjaga keseimbangan kadar Na-K melalui turunnya kadar kalium di dalam tubuh.

5. Makanan Sehat Ibu Hamil

Ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi sayuran terutama sayur bayam untuk menjaga kesehatan janinnya. Hal tersebut dikarenakan dapat mengembangkan sistem saraf mereka, sehingga cacat pada mulut, seperti sumbing dapat terhindarkan. Vitamin A yang terkandung dalam bayam diperlukan untuk perkembangan paru-paru janin juga dan dapat disalurkan selama menyusui.

6. Baik Untuk Kesehatan Kulit

Mengonsumsi sayur bayam setiap hari diyakini dapat membuat kulit lebih sehat. Bayam sangat beguna untuk menghambat penuaan, mencegah jerawat, memperbaiki sel kulit dan mencerahkan kulit. Semua manfaat ini bisa didapatkan sekaligus sebab bayam mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh kulit kita.

7. Menjaga Sistem Imunitas Tubuh

Kandungan vitamin C, A, folat serta magnesium pada bayam sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidan, beta karoten dan vitamin C, membuat bayam efektif membantu meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh. Masaklah bayam sebentar saja agar nutrisinya tidak terbuang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *