manfaat sirsak

Selain Mencegah Kanker, Berikut Ini Adalah Manfaat Sirsak Untuk Tubuh

Sirsak Memberikan Banyak Manfaat Seperti: mencegah kanker, menyehatkan mata, membantu menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan dan lain sebagainya.

Sirsak merupakan tanaman yang sangat populer di negara tropis, termasuk di Indonesia. Rasa buahnya yang sedikit asam bisa dijadikan sebagai bahan dasar minuman segar dan juga makan. Untuk dijadikan minum segar, daging buahnya tinggal dibender dengan es. Rasanya yang segar ini ternyata punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Bentuk buahnya menyerupai jantung dan memiliki duri-duri kecil yang tidak terlalu tajam. Sebenarnya terdapat 2 jenis sirsak yang memiliki rasa asam dan manis. Namun pada umumnya sirsak yang kita jumpai memiliki rasa yang asam. Sedangkan untuk sirsak yang rasanya manis dikenal dengan nama sirsak madu.

Sirsak bisa kita jumpai dengan mudah karena tumbuh dengan subur di wilayah Indonesia. Tanaman ini memiliki kandungan antioksidan tinggi seperti vitamin C, B, kalsium, fosfor, dan zat besi yang jelas dibutuhkan oleh tubuh kita.

Kandungan Nutrisi Buah Sirsak

Berdasarkan data yang diperoleh dari honestdocs.id, dalam 100 gram buah sirsak terdapat 66 kalori, 16,8 gram karbohidrat, 1 gram protein, 0,3 gram lemak, gram gr serat, 20,6 mg vitamin C (34% AKG), serta 0,1 mg vitamin B6 (3% AKG). Selain itu buah ini juga kaya akan mineral seperti berikut ini.

  1. 278 mg potasium (8% AKG)
  2. 21 mg magnesium (5% AKG)
  3. 0,1 mg thiamin (5% AKG)
  4. 0,9 mg niasin (4% AKG)
  5. 0,1 mg tembaga (4% AKG)
  6. 0,1 mg riboflavin (3% AKG)
  7. 14 mg folat (3% AKG)
  8. 0,6 mg zat besi (3% AKG)
  9. 27 mg fosfor (3% AKG)
  10. 0,3 mg asam pantotenat (3% AKG)

Lalu apa sajakah khasiat dari buah yang satu ini? Berikut ini adalah 7 manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah sirsak.

7 Khasiat Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

1. Mencegah Kanker

Kandungan turunan asam lemak yang disebut annonaceous acetogenins pada sirsak dapat memotong perkembangan sel yang tidak normal dari aliran darah. Senyawa yang terkandung pada sirsak ini sering dikaitkan dengan pencegahan kanker dan pengurangan ukuran tumor.

2. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang ingin menjalan program diet alami, buah ini dapat dijadikan sebagai alternatif. Sebab buahnya yang segar memiliki kandungan kalori yang sedikti sehingga sangat cocok untuk menurunkan berat badan.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Sirsak juga dapat menstabilkan tingginya kadar gula dalam darah. Tingginya kadar gula merupakan kondisi yang berbahaya, karena dapat memicu berat badan berlebih (obesitas), serta penyakit jantung. Oleh karena itu Anda dapat mengkonsumsinya dengan menyeduh beberapa helai daun dan diminum secara rutin.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Dalam sebuah riset yang dimuat jurnal Pharmaceutical Biology, sirsak memiliki potensi untuk menurunkan tekanan darah, tanpa berefek menaikkan detak jantung. Bagi Anda yang mengalami masalah dengan tekanan darah yang tinggi, dapat menjadikan tanaman ini sebagai obat alami.

5. Menyehatkan Mata

Vitamin C, E, beta karoten, dan zinc yang terkandung didalam buah sirsak mampu menurunkan gangguan mata degenerasi makula hingga 25%. Kita bisa me jadikan jus sirsak tersebut untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan mata.

6. Melancarkan Pencernaan

Untuk melancarkan pencernaan, Anda bisa menggunakan daun sirsak untuk pengobatan. Cukup seduh beberapa helai daun dengan air panas dan diminum seperti kita meminum teh. Selain daun, buahnya juga bisa dijadikan untuk memperlancar pencernaan.

7. Menyehatkan Kulit

Selain daging buah, biji sirsak juga memberikan manfaat bagi kulit kita. Untuk mengurangi garis-garis kerutan, serta mengurangi gejala penuaan kulit, Anda bisa menggunakan biji sirsak. Caranya dengan menghaluskan biji tersebut dan dioleskan pada kulit.

Demikianlah ulasan kami mengenai khasiat sirsak bagi kesehatan tubuh kita. Semoga informasi yang kami berikan dapat berguna bagi anda. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *