Manfaat Daun Cincau

Selain Bagus Untuk Jantung, Daun Cincau Juga Punya Manfaat Lainnya!

Manfaat Daun Cincau Yakni Baik Untuk Jantung, Baik Untuk Sistem Pencernaan, Mencegah Osteoporosis dan Lain Sebagainya.

Cincau merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan untuk dijadikan bahan minuman segar. Barangkali kita orang Indonesia sudah tidak asing lagi dengan tanaman ini. Sebab dari dulu minuman dari cincau ini sangat terkenal dan biasanya dijual oleh penjual minuman tradisional. Rasanya cukup nikmat apalagi dengan tambahan pemanis dari gula aren dan es parut.

Bahan minuman dari cincau ini berbentuk kenyal sama seperti agar-agar. Meski rasa aslinya tawar, namun setelah dicampurkan dengan bahan lainnya, minuman ini terasa sangat manis dan segar. Kata “cincau” sendiri berasal dari dialek Hokkian sienchau (Hanzi: 仙草, pinyin: xiancao) yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara.

Kandungan Nutrisi Daun Cincau

Berdasarkan laman academia.edu, cincau ternyata memiliki kandungan nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan. Nah, apa sajakah kandungan nutrisi tersebut? Berikut ini adalah kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Dalam 100 gram cincau hijau terkandung:

  • energi 122 kkal
  • protein 6 %
  • lemak 1 %
  • karbohidrat 26 %
  • serat kasar 6,23 %
  • kalsium 0,1 %
  • fosfor 0,1 %
  • besi 0,0033 %
  • vitamin A 107,50 (SI)
  • vitamin B1 80 mg
  • vitamin C 17 mg

Daun cincau juga mengandung senyawa penting seperti mengandung klorofil, polifenol, saponin, flavonoid dan masih banyak lagi.

7 Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan Tubuh

Nah, dengan kandungan yang terdapat pada daun cincau, tentunya kita bisa memanfaatkannya untuk dijadikan obat herbal yang sangat baik bagi kesehatan. Berikut ini adalah 7 manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi daun cincau.

1. Baik Untuk Jantung

Daun cincau yang kaya akan serat dapat beguna untuk menghindari penyakit jantung, kolesterol tinggi bahkan stroke. Selain itu, kandungan klorofil juga bermanfaat untuk menjaga peredaran darah dan aliran darah. Lancaran peredaran dan aliran darah tentunya sangat bagus untuk kesehatan jantung. Selain itu dengan lancarnya aliran darah akan menjauhkan kita dari penyakit hipertensi.

2. Baik Untuk Sistem Pencernaan

Kandungan serta pada daun cincau juga bermanfaat bagi kesehatan saluran pencernaan. Selain itu kandungan Vitamin B, vitamin C dan alkaloid pada cincau hijau ternyata berkhasiat mengobati diare. Vitamin c dan antioksidan juga bermnfaat untuk mengobati radang alat pencernaan. Hal tersebut bakal sangat membantu buat mereka yang mempunyai masalah pada bagian perut.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Antioksidan yang terkandung pada daun cincau beguna untuk untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas salah satu penyebab penyakit tumor dan kanker yang merupakan salah satu penyakit paling mematikan. Kandungan alkoloid dan isokondrodendrin inilah yang berperan sebagai antioksidan dan membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas.

4. Mengobati Sakit Tenggorokan

Bagi anda yang sedang menderita sakit tenggorokan akibat panas dalam, anda bisa mengatasinya dengan cincau. Minuman cincau mengandung kalsium, fosfor dan mineral yang sangat berguna untuk mengatasi sakit tenggorokan namun jangan ditambahkan dengan es. Zat klorofil dalam daun cincau juga ampuh meredakan peradangan akibat bakteri dan kuman sehingga dapat meredakan panas dalam.

5. Meredakan Demam

Nah, selain segar di mulut, manfaatnya juga bisa dirasakan bagi penderita demam. Sebab kandungan saponin pada daun cincau hijau dipercaya sangat berkhasiat untuk meredakan demam. Kalian bisa mengkonsumsinya dengan merebus daun bersama dua gelas air. Saring hasil air rebusan kemudian minum sejumlah 2 kali setiap hari demi mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Obat Diabetes Mellitus

Daun cincau juga berkhasiat untuk mengobati diabetes mellitus. Sebab kandungan bisbenzilsokuinolin dan klorofil berperan untuk menstabilkan kadar gula darah yang tinggi. Hal tersebut kemudian akan memperbaiki kinerja hormon insulin pankreas dalam mengatur kadar gula darah. Jika mengkonsumsi air rebusan daun cincau ini secara teratur, sebanyak 200 ml 2 kali sehari.

7. Mencegah Osteoporosis

Kandungan mineral dan calsium yang tiggi pada Daun cincau dapat meregenerasi sel-sel pada tulang yang kekuragan calsium, senyawa ini dapat menggatikan sel-sel yang sudah rudak sengan sel-sel yang baru, dengan mengkonsumsi daun cincau secara rutin bisa menyehatkan tulang meski umur sudah tua, da juga stamina lebuh terjaga.

Itulah manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi daun cincau. Semoga dapat menambah wawasan Anda dan dapat berguna bagi Anda dan keluarga. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *