Manfaat kapulaga

Selain Ampuh Redakan Stres, Kenali Juga Manfaat Kapulaga Lainnya

Manfaat Kapulaga: Redakan Stres, Mengharumkan Mulut, Menjaga Kesehatan Kulit Dan Lain-lain.

Indonesia merupakan negara yang menghasilkan begitu banyak rempah-rempah. Dimana salah satu rempah yang sangat familiar adalah kapulaga. Kapulaga sudah lama dikenal sebagai salah satu bumbu masak. Tanaman ini tubuh di wilayah Asia seperti Indonesia, Bangladesh, Bhutan, India, Nepal dan Pakistan.

Kapulaga yang digunakan sebagai bahan bumbu masak ini dihasilkan dari biji tanaman tersebut. Di Indonesia terdapat dua jenis kapulaga yakni kapulaga jawa (Amomum compactum) dan kapulaga india atau kapulaga sabrang (Elettaria cardamomum). Biji kapulaga dapat dikenali dari biji polongnya yang kecil, penampang irisan segitiga, dan berbentuk gelendong kumparan, dengan kulit luar yang tipis, dan biji hitam yang kecil.

Kandungan Nutris Kapulaga

Selain berguna sebagai penambah rasa dan aroma masakan, kapulaga juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan. Sebab tanaman tersebut mangandung karbohidrat, serat, natrium, kalium, zat besi, kalsium, magnesium, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C membuatnya banyak manfaat yang baik bagi kesehatan. Kandungan yang terdapat pada kapulaga ini jelas merupakan kandungan yang sangat penting.

Tak jarang juga tanaman semacam ini digunakan sebagai pereda tenggorokan karena kandungan minyak atsiri sangat berkhasiat untuk mengencerkan dahak atau ekspektoran. Dalam budaya masyarakat Badui, minuman kapulaga dimanfaatkan untuk penghangat sekaligus pendongkrak daya tahan tubuh.

7 Kegunaan Kapulaga Sebagai Obat Herbal

Sebagaimana kita ketahui, kandungan karbohidrat, serat, natrium, kalium, zat besi, kalsium, magnesium, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C yang terdapat pada kapulaga sangat berguna bagi kesehatan tubuh manusia. Oleh karena itu tanaman ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan obat herbal / alami yang sudah pasti lebih aman dan terjangkau. Berikut ini adalah 7 manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi kapulaga.

1. Sebagai Pengharum Mulut

Sama halnya dengan anggota jahe-jahean lainnya, biji kapulaga memiliki aroma yang sangat khas. Biji kapulaga lokal dipercaya mengandung minyak atsiri, bahkan lebih harum, sehingga dulu sering dijadikan mut-mutan untuk pengharum mulut.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin, antioksidan, dan minyak atsiri pada kapulaga memiliki kegunaan untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan tersebut akan menghambat kerusakan akibat radikal bebas, memperlambat pembentukan keriput, dan mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan tinggi juga sangat bermanfaat mencerahkan kulit.

3. Melancarkan Pencernaan

Kapulaga juga diyakini dapat membantu melancarkan pencernaan. Sebab kandungan serat yang tinggi dapat mengatasi sembelit atau sudah buang air besar. Tanaman rempah ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan perut lainnya seperti mengontrol empedu dan asam lambung, mengatasi sakit perut, kejang usus, hingga memperbaiki nafsu makan.

4. Menyehatkan Ginjal

Dengan lancarkan saluran pembuangan air kecil akan memberikan dampak baik bagi kesehatan ginjal. Nah, kapulaga juga dipercaya dapat membantu menyehatkan ginjal sebab dapat mengatasi infeksi saluran kemih (sistitis) dan juga peradangan pada ginjal (nefritis).

5. Meredakan Stres

Kapulaga dapat digunakan sebagai obat herbal antidepresan atau meredakan stres. Mengonsumsi dan juga menghirup aroma kapulaga dipercaya dapat memberikan efek sedatif atau menenangkan. Dengan mengonsumsi kapulaga secara rutin dapat meningkatkan mood dan kitapun terhindar dari stres.

6. Mencegah Infeksi

Kapulaga juga dipercaya dapay menjaga tubuh dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi. Sifat antimikroba kapulaga mampu melawan berbagai jenis bakteri, virus, dan jamur tertentu yang bisa menyebabkan infeksi dan gangguan dalam tubuh. Jadi tanaman ini juga ampuh untuk dijadikan sebagai obat herbal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

7. Baik Untuk Tulang

Kapulaga mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan tulang seperti vitamin C dan juga mangan. Zat-zat ini memiliki manfaat untuk menjaga kepadatan tulang dan juga kesehatan tulang. Kepadatan tulang yang terjaga akan menghindarkan Anda dari penyakit osteoporosis.

Itulah kegunaan kapulaga sebagai salah satu bahan obat herbal bagi kesehatan tubuh manusia. Semoga dapat berguna bagi banyak orang. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *