penyebab diabetes

Penyebab Diabetes: Kenali Agar Bisa Mencegahnya!

Diabetes mungkin terdengar sangat mengerikan mengingat akibat buruk yang bisa ditimbulkan bagi tubuh.

Untuk itu pada artikel ini saya akan mencoba menyampaikan beberapa penyebab diabetes serta apa saja komplikasi akibat tingginya kadar gula darah.

Daftar isi:

  1. Penyebab diabetes tipe 1
  2. Penyebab diabetes tipe 2
  3. Penyebab diabetes gestasional
  4. Komplikasi

Penyebab Diabetes Berdasarkan Tipenya

Supaya terhindar dari penyakit diabetes, maka sangat penting untuk anda menghindari penyebab diabetes melitus ini. Nah, untuk mengetahui penyebab penyakit diabetes melitus, langsung saja simak ulasannya selengkapnya di bawah ini.

Penyebab diabetes tipe 1

Penyebab diabetes tipe 1 belum diketahui secara pasti. Tetapi yang pasti sistem imun yang fungsinya untuk melawan virus atau bakteri berbahaya justru menyerang serta menghancurkan sel penghasil insulin yang ada di dalam pankreas.

Nah, hal ini tentunya akan membuat tubuh kekurangan insulin. Ketika tubuh kekurangan insulin, glukosa yang akan diserap ke dalam darah pastinya tidak bisa masuk ke dalam sel. Sehingga akan membuat gula menumpuk pada aliran darah hingga membuat kadar gula darah semakin meningkat di dalam tubuh.

Biasanya diabetes tipe 1 disebabkan oleh kombinasi faktor lingkungan dan faktor genetik yang lemah. Tetapi, hal ini tidak bisa dijadikan sebagai landasan penyebab dari diabetes tipe 1. Mengapa? Hal ini dikarenakan masih banyak sebenarnya faktor lain yang bisa mempengaruhinya.

Untuk anda yang mengidap penyakit diabetes tipe 1 ini, maka sudah saatnya anda mengetahui makanan untuk orang diabetes.

Penyebab diabetes tipe 2

Untuk penyebab diabetes melitus tipe 2 yaitu sel yang ada di dalam tubuh tidak mau untuk menerima glukosa yang telah dimasukkan oleh insulin. Sehingga hal ini membuat pankreas tidak mampu untuk menghasilkan insulin yang cukup dalam mengatasi perlawanan sel tersebut.

Jika sudah seperti ini gula darah pun tidak akan masuk ke dalam sel, yang selanjutnya akan membuat gula terbentuk pada aliran darah anda. Memang tidak bisa dipastikan faktor penyebab dari diabetes mellitus tipe 2 bisa terjadi, walaupun diyakini faktor lingkungan dan genetik berperan dalam pengembangan penyakit diabetes tipe 2 ini.

Tetapi, faktor kelebihan berat badan pun sangat mempengaruhi perkembangan penyakit ini, meskipun tidak semua penderita memang mengalami berat badan yang berlebih.

Penyebab diabetes gestasional

Selama anda hamil, tentunya plasenta akan menghasilkan hormon yang berfungsi untuk membantu dalam mendukung kehamilan anda.

Hormon inilah yang akan menyebabkan sel tubuh lebih kebal terhadap insulin. Pankreas biasanya akan menghasilkan banyak insulin tambahan agar dapat mengatasi perlawanan sel tersebut. Tetapi, terkadang pankreas ini tidak dapat menghasilkan banyak insulin.

Saat hal ini terjadi, akan terlalu banyak glukosa yang ada di dalam darah dan terlalu sedikit glukosa yang akan masuk ke dalam sel, dengan begitu mengakibatkan diabetes gestasional.

Komplikasi Akibat Gula Darah Tinggi

Memiliki penyakit diabetes membuat sebagian besar penderitanya menjadi lebih waspada terhadap apa yang mereka makan. Para penderita yang ingin memiliki umur yang panjang selalu menjaga pola makan mereka agar bisa merasakan hidup lebih lama lagi. Selain itu, penderita juga disarankan untuk mengonsumi obat khusus seperti obat herbal diabetes untuk menjaga kadar gula darah.

pola hidup sehat
Menjalani pola hidup sehat untuk mencegah diabetes

Berikut adalah beberapa obat herbal yang bisa anda coba.

  1. Herbal Glucoactive
  2. Gluconormix
  3. Fitabets

Berbagai makanan pantangan penderita diabetes dikurangi atau bahkan dihindari sama sekali, melakukan olahraga secara teratur, menghindari stres, dan lain sebagainya sehingga gula darah menjadi tetap terkontrol. Akan tetapi hal tersebut terjadi pada orang yang sadar dan tidak mementingkan ego.

Akan tetapi masih banyak yang tidak sabar dan mementingkan egonya untuk memenuhi nafsu untuk makan manis, tidak bergerak, pola hidup tidak sehat lainnya. Oleh karena itu gula darah menjadi naik dan bahkan terlalu tinggi. Lalu apa akibat gula darah naik hingga sangat tinggi pada seorang penderita diabetes? Berikut penjelasan dua komplikasi akibat kadar gula yang terlalu tinggi.

Menimbulkan Ketoasidosis Diabetik

Komplikasi yang pertama adalah Ketoasidosis diabetik yang merupakan salah satu komplikasi yang menyebabkan koma diabetes. Ketoasidosis diabetik sendiri merupakan komplikasi yang sangat mematikan karena tinginya keton atau asam darah. Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan insulin yang cukup besar sehingga tidak mampu mengolah gula darah untuk disimpan kembali.

Tubuh memilih menggunakan lemak sebagai energi dibandingkan gula sehingga menyebabkan darah menjadi bersifat asam atau pH darah menjadi sangat rendah. Biasanya ditandai dengan gejala buang air kecil lebih sering, merasa haus, kelelahan, mual, muntah, dan lain sebagainya.

Komplikasi ini sering kali dialami oleh penderita Diabetes Tipe 1 tapi juga sering kali ditemukan pada penderita diabetes dengan tipe 2. Jika Anda merasakan hal tersebut segera hubungi fasilitas kesehatan terdekat agar cepat tertangani.

Menimbulkan Sindrom Hipersmolar Hiperglikemik

Selanjutnya, Anda juga bisa mengalami sindrom Hiersmolar Hiperglikemik yang sangat mengancam nyawa. Penderita yang mengalaminya akan menunjukkan gejala yang berupa rasa haus yang sangat berlebihan, jumlah urine dan periode BAK menjadi lebih banyak dan sering, mulut mengalami kekeringan, mengantuk, dan lain sebagainya.

Komplikasi ini terjadi karena gula darah tinggi sehingga ginjal ingin melakukan kompensasi dengan mengeluarkan gila tersebut melalui urine. Namun jika tidak ada asupan minuman maka akibatnya adalah kadar gula menjadi lebih tinggi sebab cairannya menjadi lebih sedikit, sehingga darah menjadi sangat kental dan akhirnya terus menerus menarik air dari dalam tubuh bahkan sampai ke otak.

Setelah mengetahui akibat gula darah naik di atas maka Anda sebagai penderita maupun sebagai keluarga penderita harus tetap waspada dengan asupan gula ke dalam tubuh Anda karena akibatnya kematian. Sebaiknya anda juga mencoba obat diabetes alami yang terbuat dari aneka tanaman herbal untuk membantu menjaga kadar gula darah.

Semoga berbagai pembahasan yang telah dipaparkan di atas bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda lebih jauh lagi mengenai penyebab diabetes mellitus tipe 1, tipe 2, dan diabetes gestasional.Bagaimana pendapat anda tentang artikel yang saya bagikan ini? Apakah bermanfaat?

Atau jika ada kekurangan dan kesalahan dalam penyampaian, harap berikan tanggapan anda pada kolom komentar di bawah ini.

Langganan Artikel Terbaru Kami ✅

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan posting baru melalui email.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *