Manfaat Daun Pegegan

Pegagan, Tanaman Liar Yang Berkhasiat Sebagai Obat Tradisional

Pegagan Merupakan Tanaman Herbal Yang Dapat Dijadikan Sebagai Obat Alami Untuk Menyamarkan stretch marks, Pereda Stres, Melancarkan Aliran Darah Dan Lain-lain.

Salah satu tanaman liar yang berkhasiat sebagai obat tradisional adalah pegagan. Tanaman yang tumbuh di perkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah ini biasanya digunakan sebagai bahan makanan seperti sayur dan juga lalapan.

Rasa dan aromanya yang khas akan menambah selera makan. Oleh karena itu tanaman ini bisa dijadikan sebagai penggugah selera makan bagi mereka yang susah makan. Tanaman ini tumbuh subur hampir dieluruh Indonesia dimana kita bisa menemukannya dengan mudah di kebun atau pekarangan belakang rumah.

Konon tanaman ini sudah digunakan sejak lama sebagai obat herbal sebagai obat kulit (misalnya keloid), gangguan saraf dan memperbaiki peredaran darah. Hal ini karena kandungan nutrisi dan senyawa yang ada pada tanaman ini sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh manusia. Nah, apa sajakan kandungan nutrisi dari tanaman pegagan tersebut?

Kandungan Nutrisi Tanaman Pegagan

Sebelum kita masuk pada pembahasan mengenai manfaat tanaman pegagan bagi ksesehatan tubuh, ada baiknya kita mengenal beberapa kandungan yang sangat penting yang terdapat pada tanaman pegagan tersebut. Dibawah ini adalah beberapa kandungan nutrisi dan senyawa penting bagi kesehatan tubuh.

asiaticosidethankuniside
isothankunisidemadecassoside
brahmosidebrahmic acid
brahminosidemadasiatic acid
meso-inositolcentelloside
carotenoidshydrocotylin
vellarinetanin
kaliumnatrium
magnesiumkalsium
dan besi

7 Manfaat Daun Pegegan, Obat Herbal Yang Sangat Berkhasiat

Sebagai salah satu tanaman yang cukup mudah ditemukan di Indonesia, tentunya kita sangat bersyukur karena tanaman ini memberikan segudang manfaat bagi kesehatan. Dibawah ini adalah 7 manfaat daun pegagan bagi tubuh manusia.

1. Menyamarkan Stretch Marks

Jika Anda memiliki stretch marks atau guratan-guratan merah pada kulit Anda, Anda dapat mencoba obat herbal yang cukup ampuh ini. Kandungan triterpenoid di dalam pegagan bisa meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Bukan hanya menyamarkan stretch mark yang ada, tapi juga akan mencegah terbentuknya stretch mark baru. Cukup gunakan krim oles herbal yang berbahan dasar ekstrak pegagan pada daerah yang memiliki stretch mark.

2. Meredakan Stres

Kandungan senyawa triterpenoid tidak hanya bermanfaat untuk menyamarkan stretch marks saja. Akan tetapi senyawa ini juga bisa digunakan untuk meredakan stres dan kecemasan. Ini berarti tanaman pegagan bisa dijadikan obat antidepresan yang cukup efektif. Ekstrak daun pegagan yang dikonsumsi selama 60 hari dapat membantu menurunkan stres. Saat ini pegagan sering dimanfaatkan sebagai tonik (penguat) daya tahan otak dan saraf.

3. Memperlancar Aliran Darah

Untuk membatu memperlancar aliran darah pada penderita insufisiensi vena dan varises, Anda dapat memnafaatkan daun pegagan tersebut sebagai obat tradisonal. Kandungan triterpenes pada daun ini berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan luka, meningkatkan antioksidan dan suplai darah. Triterpenes juga disebut-sebut berperan aktif dalam merangsang pembentukan glikosaminoglikan dan kolagen untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

4. Membasmi Sel Kanker

Kandungan zat antioksidan juga membantu membasmi sel kanker sehingga bisa dijadikan sebagai obat herbal pencegah kanker. Dipercaya bahwa mengkonsumsi pegagan dalam bentuk apapun akan membantu meningkat antioksidan pada tubuh sehingga dapat menangkal radikal bebas yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

5. Menyehatkan Kulit

Saat ini sudah banyak produk skincare yang menggunakan bahan dasar daun pegagan yang terbukti ampuh membuat kulit jadi lebih bersinar atau glowing. Tanaman ini juga mampu menghambat enuaan pada kulit terutama wajah dan leher. Kandungan asiatosida pada daun pegagan berfungsi memperbaiki sel-sel kulit, stimulasi pertumbuhan kuku, rambut, dan jaringan ikat.

6. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Manfaat dari daun pegagan selanjutnya yakni sebagai obat herbal untuk membantu melancarkan pencernaan. Karena kandungan zat antibakteri yang terkandung pada daun pegagan dapat membantu pencernaan, di anataranya adalah penyakit asam lambung.

7. Meningkat Kinerja Otak

Kandungan asam folat yang cukup tinggi sangat berkhasiat untuk meningkatkan fungsi otak. Dengan meningkatnya fungsi otak akan memberikan dampak baik seperti daya ingat yang meningkat, konsentrasi menjadi lebih fokus, berfikir cepat, dan hal baik lainnya.

Itulah ulasan singkat mengenai 7 manfaat daun pegagan sebagai salah satu obat alami untuk berbagai masalah kesehatan. Semoga dapat berguna bagi Anda dalam mengatasi masalah kesehatan yang Anda alami. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *