obat hipertensi alami

Obat Hipertensi Alami Dari Tanaman Disekitar Kita

Obat Hipertensi Alami merupakan salah obat-obatan yang terbuat dari bahan-bahan alami. Kenapa yang alami itu lebih baik? Sebab kandungan bahan alami tidak terlalu memiliki efek samping sehingga jauh lebih aman daripada obat-obatan yang diproduksi menggunakan bahan kimia. Tentu saja banyak tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal anti-hipertensi yang bisa didapatkan disekitar kita.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan kondisi dimana tekanan darah berapa pada nilai 130/80 mmHg atau lebih. Normalnya, tekanan darah seseorang hanya berkisar antara 90/60 mmHg sampai 120/80 mmHg. Kondisi ini dapat membahayakan sebab jantung dipaksa memompa darah lebih keras dan selanjutnya dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti gagal ginjal, stroke, gagal jantung dan lebih beratnya lagi dapat mengakibatkan kematian.

Untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti menjaga berat badan, rajin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, mengurangi konsumsi garam serta mengonsumi obat-obatan yang sudah teruji baik itu obat alami maupun obat buatan. Salah satu obat hipertensi yang saat ini banyak digunakan adalah Naturatensi. Meski begitu, alangkah lebih baiknya jika mengkonsultasikannya bersama dokter.

Jenis Tanaman Untuk Obat Hipertensi Alami

Baiklah, sesuai dengan topik kita kali ini, saya akan memberikan informasi seputar tanaman obat yang dapat dimanfaatkan sebagai Obat Hipertensi Alami. Dibawah ini adalah beberapa jenis tanaman obat yang bisa anda temukan dengan mudah.

Buah PareKandungan asam amino yang sering disebut sebagai citruline dapat menstabilkan tekanan darah tinggi. Naturatensi salah satu obat alami yang juga terbuat dari pare.
Bawang putihBawang putih dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh. Oksida nitrat membantu melebarkan dan melemaskan pembuluh darah yang berdampak pada penurunan tekanan darah tinggi.
Kayu manisKayu manis mengandung properti yang membantu fungsi insulin dalam tubuh, sehingga tekanan darah pun dapat menurun.
JaheKandungan zat aktif saponin, flavonoid, amine, alkaloid, dan terpenoid pada jahe terbukti dapat meningkatkan relaksasi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.
SeledriKandungan phthalide, magnesium dan kalium yang terdapat di dalam seledri juga dapat membantu mengontrol tekanan darah.
TomatKandungan flavonoid dan potasium yang tinggi dalam tomat dapat dimanfaatkan sebagai obat darah tinggi alami.
Kacang kedelaiKandungan isoflavon mendorong produksi enzim yang menghasilkan oksida nitrat sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah.
Daun basil (selasih)Kandungan eugenol yang terdapat pada daun basil telah terbukti menurunkan tekanan darah, meskipun hanya sebentar.
SemangkaKandungan asam amino citrulline pada semangka mampu meningkatkan produksi oksida nitrat yang menjadikannya salah satu makanan penurun tekanan darah tinggi.
WortelKandungan elektrolit dan kalium pada wortel sangat bagus dalam menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mampu membuat tekanan darah kembali normal.

Itulah beberapa jenis tanaman obat yang memiliki fungsi sebagai obat hipertensi alami. Semoga bisa bermanfaat bagi anda dan keluarga anda. Jika anda suka artikel ini, harap bagikan kepada saudara dan teman-teman anda yang mungkin saja mereka membutuhkan informasi ini. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *