obat diabetes alami

Obat Diabetes Alami dari Tanaman Herbal

Obat Diabetes Alami yang terbuat dari tanaman herbal yang memiliki khasiat sebagai obat-obatan. Oleh karena terbuat dari bahan herbal, tentunya obat alami ini tidak terlalu memberikan efek samping yang berbahaya bagi tubuh manusia. Maka dari itu disini saya akan mencoba memberikan informasi mengenai jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat herbal diabetes.

Diabetes atau tingginya kadar gula darah adalah kondisi dimana kadar gula darah tidak diserap sel tubuh dengan baik. Penyakit ini dikenal juga dengan nama kencing manis. Jika tidak dikontrol dengan baik, maka dapat menimbulkan masalah kesehatan bahkan bisa membahayakan nyawa penderita.

Diabetes terbagi menjadi 3 jenis yakni:

  1. Diabetes Melitus Tipe 1 (IDDM = Insulin-Dependent-Diabetes-Mellitus): Penyakit Diabetes melitus yang disebabkan oleh penyakit autoimun
  2. Diabetes Melitus Tipe 2 (NIDDM = Non-Insulin-Dependent-Diabetes-Mellitus): Paling sering berkembang secara bertahap seiring dengan usia yang ditandai dengan resistensi insulin dalam tubuh.
  3. Diabetes Melitus Gestasional: Terutama disebabkan oleh perubahan hormone yang dihasilkan selama kehamilan dan biasanya berkurang atau menghilang setelah melahirkan.

Jenis Tanaman Herbal Untuk Obat Diabetes Alami

Bagaimana cara mengobatinya? Untuk mengobati penyakit kencing manis ini bisa menggunakan berbagai cara. Salah satunya adalah menggunakan bahan herbal dari tanaman yang ada disekitar kita. Selain menggunakan tanaman herbal, diabetes dapat diobati menggunakan obat-obatan seperti:

Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan sebagai obat diabetes alami.

AlpukatAlpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang cukup tinggi, dengan kadar gula yang cukup rendah.
Mahkota dewaMahkota dewa kaya akan antioksidan yang dipercaya dapat menstabilkan gula darah.
JaheJahe dipercaya efektif untuk pengobatan diabetes tipe 2 sebab dapat menurunkan kadar gula darah, tapi tidak menurunkan kadar insulin dalam darah.
Jintan hitamJintan hitam dapat menghambat metabolisme glukosa pada hati sehingga efek menurunkan gula darah.
Lidah buayaLidah buaya terbukti dapat membantu memperbaiki sel-sel di organ pankreas yang bertugas memproduksi insulin yang sangat penting untuk menjaga kadar gula di dalam darah.
PareKandungan peptida, alkaloid, charantin, dan vicine pada pare dapat dimanfaatkan untuk mengobati diabetes melitus tipe 2.
SambilotoKandungan andrografolida pada sambiloto dapat menurunkan kadar glukosa pada darah.
Beras MerahBeras merah memiliki kandungan indeks glikemik yang terbilang sedang sehingga direkomendasikan untuk dijadikan obat herbal diabetes.
Kulit ManggisKulit manggis memiliki kandungan xanthone yang bermanfaat menurunkan resistensi tubuh terhadap gula darah.
Bawang PutihZat yang terkandung pada bawang putih dapat meningkatkan produksi kolesterol baik atau high-density lipoprotein secara otomatis, sehingga sirkulasi darah tubuh semakin lancar.

Itulah beberapa tanaman herbal yang memiliki khasiat sebagai obat diabetes alami. Sebenarnya masih banyak jenis tanaman lain yang bisa dimanfaatkan selain dari yang saya tuliskan diatas. Jika anda suka artikel “Obat Diabetes Alami dari Tanaman Herbal” ini, harap bagikan kepada saudara dan teman-teman anda yang mungkin saja mereka membutuhkan informasi ini. Terima kasih.

Referensi:

Langganan Artikel Terbaru Kami ✅

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan posting baru melalui email.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *