Mengenal Prinsip 3J: Pola Makan Orang Diabetes

  • 3 min read
  • Mar 29, 2021
Pola Makan Orang Diabetes

Diperbaharui pada: May 19th, 2021 pukul 06:40 pm

Sudah mencoba berbagai cara namun gula darah anda belum stabil? Nah, mungkin artikel tentang pola makan orang diabetes ini dapat membantu anda.

Pola makan yang kami paparkan disini yakni menggunakan prinsip 3J. Selain itu kami juga memberikan informasi tentang hal-hal yang harus diperhatikan oleh penderita diabetes.

Apa sih prinsip 3J itu dan apa saja hal yang harus diperhatikan?

Yuk simak penjelasan lengkapnya dibawah ini!

Pola Makan 3J Untuk Orang Diabetes

Mengatur Pola Makan Orang Diabetes dengan Prinsip “3J”

Merencanakan pola makan orang diabetes tentunya tidak sulit untuk dilakukan. Karena anda hanya perlu mengikuti prinsip 3J yaitu Jenis, Jumlah, dan Jam.

Untuk lebih jelasnya, berikut rincian pengaturannya yang perlu anda ketahui.

1. Jenis

Yang pasti anda yang mengidap penyakit diabetes harus bisa memilih jenis makanan dengan baik dan tepat.

Anda juga perlu menghindari makanan pantangan diabetes.

Adapun makanan yang harus dihindari seperti makanan yang mengandung gula, makanan manis, madu, hingga susu kental manis, namun hal ini bukan berarti anda perlu menghindari karbohidrat.

SEDANG POPULER!

Tubuh tetap membutuhkan karbohidrat yang merupakan sumber energi utama, sama seperti ketika seseorang mengalami darah tinggi, yang tentunya sangat membutuhkan obat herbal untuk gula darah tinggi.

Anda tentunya membutuhkan karbohidrat 50% dari total kebutuhan kalori. Namun jangan lupa untuk memilih karbohidrat kompleks yang mengandung banyak serat, seperti roti dari gandum utuh atau nasi merah.

Anda pun masih membutuhkan lemak, tetapi hindari makanan yang memiliki kandungan lemak trans dan lemak jenuh, seperti gorengan.

Jangan lupa agar memperbanyak serat serta mengurangi konsumsi natrium seperti yang ada di dalam garam dan makanan kemasan.

2. Jumlah

Jumlah merupakan pola makan orang diabetes yang perlu anda ketahui berikutnya. Sebenarnya setiap orang harus mengonsumsi makanan yang jumlahnya sesuai dengan kebutuhan.

Tentunya kebutuhan kalori untuk setiap orang berbeda-beda, yang tergantung dengan kondisi kesehatan, tinggi badan, berat badan, dan jenis kelamin.

Anda bisa mengetahui berapa banyak kebutuhan kalori per hari secara mendetail dengan berkonsultasi langsung pada ahlinya.

Namun rata-rata kebutuhan yang memang dibutuhkan oleh penderita diabetes adalah sebagai berikut.

  • Serat sebanyak 25 gram/hari
  • Karbohidrat sebanyak 50 hingga 60% dari kebutuhan kalori
  • Lemak  sebanyak 20 hingga 25% dari kebutuhan kalori
  • Protein sebanyak 10 hingga 15% dari kebutuhan kalori

3. Jam

Tidak hanya jenis dan jumlah saja, namun anda juga perlu mengatur jam makan setiap harinya.

Maka dari itu, segera buat jadwal makan agar setiap harinya anda bisa memiliki jam untuk mengonsumsi makanan yang sama.

Contohnya: sarapan pada jam 6 pagi, mengonsumsi camilan pada jam 10 pagi, kemudian makan siang pada jam 12 siang, camilan pada jam 4 sore, hingga makan malam pada jam 7 malam.

Hal ini sebenarnya bisa disesuaikan juga dengan kegiatan dan jadwal anda masing-masing.

Namun yang terpenting adalah anda harus makan pada jam yang sama ya setiap harinya!

Yang pasti pola makan orang diabetes ini akan membuat anda mengingat serta dapat mempermudah proses pencernaan dikarenakan pola makan ini selalu terjadi pada jam yang sama.

Walaupun terdengar merepotkan, namun mengatur pola makan ini akan membuat anda lebih nyaman menjalani hidup.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Oleh Penderita Diabetes

Selain menerapkan pola makan dengan prinsip 3J, penderita diabetes juga perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut.

Mengontrol Asupan Karbohidrat

Tentunya karbohidrat akan dipecah untuk dijadikan sebagai gula, yang kemudian diproses oleh insulin untuk selanjutnya diolah sebagai energi untuk sistem saraf maupun tubuh.

Jika anda terlalu banyak mengonsumsi asupan karbohidrat ketika fungsi insulin tidak bekerja dengan baik, proses pengolahan gula pun gagal.

Gula kemudian akan menumpuk di hati, yang membuat kadar gula darah naik.

Selain anda membutuhkan obat herbal untuk gula darah tinggi, anda juga perlu mengontrol asupan karbohidrat dengan menghitung kadar karbohidrat pada makanan yang dikonsumsi.

Pastikan Anda Selalu Terhidrasi

Pada dasarnya meminum air yang cukup merupakan kunci utama agar dapat menjaga kesehatan, termasuk dalam mengontrol kadar gula darah supaya tetap normal.

Ketika anda minum air putih yang cukup serta tubuh terhidrasi dengan baik, maka ginjal akan bekerja agar dapat membuang gula yang menumpuk yang ada di dalam darah melalui urin.

Selain itu, berdasarkan penelitian tentunya asupan air putih memiliki beberapa peran penting.

Peran penting tersebut yakni untuk menghidrasi darah, mengurangi risiko diabetes, menurunkan kadar gula darah, maupun risiko dari penyakit kronis yang lain.

Berolahraga Secara Teratur

Hal yang perlu diperhatikan oleh penderita diabetes berikutnya adalah dengan melakukan olahraga.

Dalam indikasi gula darah yang tinggi, tentunya olahraga bisa menurunkan berat badan hingga meningkatkan sensitivitas insulin.

Hal ini akan meningkatkan kemampuan sel-sel dalam mengelola glukosa di dalam darah.

Selain itu, olahraga juga bermanfaat dalam memproduksi gula darah yang telah menumpuk menjadi energi serta kontraksi otot.

Anda bisa melakukan olahraga sederhana seperti jalan kaki, bersepeda, lari, dan sebagainya.

Mengonsumsi Makanan yang Kaya akan Magnesium dan Chromium

Defisiensi mikronutrien yang termasuk kekurangan dari asupan magnesium dan chromium memang dikaitkan sebagai penyebab gula darah yang tinggi hingga penyakit diabetes.

Tentunya chromium sendiri bermanfaat dalam melancarkan metabolisme lemak dan karbohidrat, dan dapat mengendalikan kadar gula darah.

Nah, mineral chromium ini ditemukan pada makanan alami dari mulai produk biji-bijian, daging, kacang-kacangan, kuning telur, dan sebagainya.

Selain itu, magnesium juga bermanfaat dalam menjaga kadar gula darah supaya tetap normal.

Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa orang yang bisa memenuhi asupan magnesium harian ternyata 47% memiliki risiko lebih rendah mengalami penyakit diabetes.

Anda bisa mendapatkan magnesium ini di sayuran yang berdaun gelap, ikan, cokelat hitam, biji-bijian, kacang-kacangan, alpukat, dan pisang.

Bagaimana sudah tahu kan pola makan orang diabetes dan hal-hal yang harus diperhatikan seperti yang talah dipaparkan di atas?

Semoga artikel yang kami sajikan ini dapat membantu anda dan penderita diabetes lainnya. Jika bermanfaat, silahkan bagikan artikel kami ini pada orang-orang tersayang anda!

Simak juga artikel tentang Diabetes disini >>> https://kiosherbal.id/category/diabetes/

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Terbaru Kami ✅

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan posting baru melalui email.