Manfaat Dan Khasiat Tanaman Besaran Bagi Kesehatan

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Besaran Bagi Kesehatan – Besaran atau Morus australis Poir dalam nama latin merupakan pohon perdu dengan ketinggian sekitar 6-9m dan tumbuh di pekarangan atau hutan. Pohon besaran memiliki buah yang bergugus dan berwarna coklat tua ketika buah sudah masak,selain itu daun besaran berbentuk segitiga yang mudah luruh dari rantingnya dan kadang daun tersebut sering dimakan ulat sutera. Besaran sering disebut juga Murbei.

Manfaat-Dan-Khasiat-Tanaman-Besaran-Bagi-Kesehatan
Sumber : Pixabay

Besaran memiliki khasiat dan penyembuhan herbal yang tidak bisa dianggap sebelah mata. Beberapa bagian pada pohon besaran yang sering dimanfaatkan dalam pengobatan herbal yaitu pada bagian Daun,Akar,Ranting serta Buah. Beberapa kandungan kimiawi dalam bagian-bagian dari pohon besaran tersebut antara lainFosfor; Maklurin;Rutin; Ergosterol.Vitamin C; Vitamin A; Vitamin B1;Adenin; Kolin; Amilase; Minyak lemak; Karoten; Morin; serta Kalsium.

Pengolahan bagian dari pohon besaran untuk pengobatan herbal bisa dengan membuat jus dari buahnya atau menyeduh bagian ranting dan daun dari pohon besaran. Berikut beberapa manfaat besaran untuk pengobatan herbal;

Manfaat Dan Khasiat Tanaman Besaran Bagi Kesehatan

  • Diuretik alami:

    Salah satu manfaat utama tanaman besaran adalah sebagai diuretik alami, yang membantu meningkatkan produksi urine dan membantu mengeluarkan kelebihan cairan dari tubuh. Hal ini dapat membantu mengurangi retensi cairan, meringankan pembengkakan, serta membantu menjaga kesehatan ginjal dan saluran kemih.

  • Antiinflamasi:

    Tanaman besaran juga memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat membantu meredakan peradangan pada tubuh. Ekstrak daun besaran telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengurangi gejala radang, seperti nyeri dan bengkak.

  • Antioksidan:

    Tanaman besaran mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid, yang dapat membantu melawan radikal bebas dan mengurangi kerusakan sel akibat stres oksidatif. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung, kanker, dan penuaan dini.

  • Penurun tekanan darah:

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tanaman besaran dapat membantu menurunkan tekanan darah, sehingga dapat digunakan sebagai terapi tambahan untuk pengendalian hipertensi. Tanaman besaran diyakini memiliki efek relaksasi pada pembuluh darah, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi.

  • Antiinfeksi:

    Tanaman besaran memiliki sifat antiinfeksi, yang dapat membantu melawan infeksi bakteri dan virus. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa ekstrak daun besaran memiliki aktivitas antimikroba terhadap beberapa strain bakteri patogen, sehingga dapat digunakan sebagai obat herbal untuk infeksi saluran kemih dan infeksi pernapasan.

  • Penurun kadar gula darah:

    Tanaman besaran juga diyakini memiliki efek penurun kadar gula darah, sehingga dapat digunakan sebagai terapi tambahan bagi penderita diabetes. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak daun besaran dapat membantu mengurangi kadar gula darah dalam darah dengan mengurangi penyerapan glukosa dalam usus dan meningkatkan sensitivitas insulin.

  • Sumber nutrisi:

    Selain manfaat kesehatan yang disebutkan di atas, tanaman besaran juga mengandung beberapa nutrisi penting, termasuk vitamin B, kalsium, kalium, dan magnesium. Nutrisi ini dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit, mengatur metabolisme tubuh, serta meningkatkan kesehatan tulang dan otot.

Sekian artikel Tanamanobat tentang Manfaat Dan Khasiat Tanaman Besaran Bagi Kesehatan Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *