Manfaat Dan Khasiat Mengkonsumsi Bayam Duri

Manfaat Dan Khasiat Mengkonsumsi Bayam Duri – Bayam duri mungkin kurang populer dari bayam biasanya. Selain memiliki duri yang membuat orang kurang suka memanfaatkannya,Bayam duri seolah dipinggirkan dan terkadang dianggap sebagai tanaman liar.Tanaman bernama latin Amaranthaceae ini sebenarnya rasanya juga tidak jauh beda dengan bayam pada umumnya.

Meskipun dipinggirkan,Bayam Duri memiliki khasiat serta manfaat sebagai obat herbal.Bagian dari bayam duri yang biasa diolah untuk dijadikan obat herbal yaitu bagian akar,daun serta batangnya.
Kandungan kimiawi yang ada dalam bayam duri yaituVitamin (A,C,K),Zat besi,Fosfat,Amarantin dan Kalium nitrat. Tanaman ini bersifat manis, pahit dan sejuk. Bentuk pengolahan dari bayam duri untuk pengobatan herbal bisa berupa seduhan (daun),Air rebusan (Akar dan Batang) dan Bubuk/Serbuk

Manfaat Dan Khasiat Mengkonsumsi Bayam Duri

Manfaat Dan Khasiat Mengkonsumsi Bayam Duri
Sumber : Flickr

Sayuran ini biasa dikonsumsi sebagai lalapan atau digunakan sebagai bahan masakan. Bayam duri memiliki rasa yang khas dan juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Kandungan nutrisi ini termasuk serat, protein, kalsium, besi, dan vitamin A.

Bayam duri juga mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket. Selain itu, harga bayam duri juga terjangkau sehingga banyak orang yang mengonsumsinya.

Bayam duri memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut adalah beberapa manfaat bayam duri untuk kesehatan:

  • Menjaga kesehatan mata

Bayam duri mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Vitamin A berperan dalam menjaga fungsi mata dan mencegah terjadinya penyakit mata seperti rabun senja.

  • Menjaga kesehatan tulang

Bayam duri mengandung kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium dan fosfor berperan dalam membangun dan menjaga kepadatan tulang.

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Bayam duri mengandung serat yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat membantu proses pencernaan dan juga membantu mengurangi risiko terkena penyakit pencernaan.

  • Menjaga kesehatan jantung

Bayam duri mengandung flavonoid yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Flavonoid berperan dalam melindungi jantung dari radikal bebas dan mencegah terjadinya penyakit jantung.

Cara Memasak Bayam Duri

Bayam duri dapat dimasak dengan berbagai cara seperti direbus, ditumis, atau dibuat dalam sayur bening. Untuk memasak bayam duri, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Cuci bayam duri dengan air mengalir hingga bersih.
  2. Rebus air dalam panci hingga mendidih.
  3. Setelah air mendidih, masukkan bayam duri ke dalam panci.
  4. Rebus bayam duri selama 3-5 menit hingga layu.
  5. Tiriskan air rebusan bayam duri.
  6. Bayam duri siap dihidangkan sebagai sayuran atau sebagai bahan dalam masakan.

Kesimpulan

Bayam duri adalah salah satu sayuran yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Sayuran ini mengandung banyak nutrisi penting yang membantu menjaga kesehatan tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sekian artikel Tanamanobat tentang Manfaat Dan Khasiat Mengkonsumsi Bayam Duri Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *