Manfaat Dan Khasiat Bunga Pukul Empat

Manfaat Dan Khasiat Bunga Pukul Empat – Bunga Pukul Empat sering kita jumpa disekitar kita,bunganya ada yang berwarna ungu,kuning dan putih. Bunga ini memiliki tinggi sekita 50 cm dan bunganya akan mekar setiap sore sementara paginya bunganya menutup.Tanaman ini tergolong tanaman hias yang biasa ditanam untuk mempercantik halaman atau taman yang ada di rumah. Namun kadang bunga pukul empat dibiarkan liar begitu saja.

Manfaat Dan Khasiat Bunga Pukul Empat
Sumber : Pxfuel

Dalam dunia pengobatan herbal,Bunga Pukul Empat memiliki beberapa manfaat dan khasiat untuk penyembuhan suatu penyakit. Bagian dari bunga pukul empat yang dimanfaatkan untuk obat herbal tak lain dan tak bukan adalah pada bagian akarnya.Dalam akarnya tersebut terkandung Alkaloid trigonelia yang mampu mencegah suatu peradangan pada tubuh.

Bunga pukul empat, atau sering juga disebut sebagai bunga jam empat, menjadi salah satu bunga yang cukup populer di Indonesia. Bunga ini memiliki daya tarik yang khas, baik dari segi keindahan maupun cerita di balik namanya. Kita akan membahas lebih dalam mengenai bunga pukul empat ini dan mengapa bunga ini begitu menawan.

Asal-usul Bunga Pukul Empat

Bunga pukul empat memiliki nama ilmiah Mirabilis jalapa. Bunga ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan, tepatnya di wilayah Meksiko dan Peru. Di Indonesia, bunga pukul empat dikenal dengan nama lain seperti bunga jam empat, bunga mesin waktu, atau bunga bantal. Nama bunga pukul empat sendiri berasal dari fakta bahwa bunga ini mulai mekar pada pukul 4 sore dan berhenti mekar di pagi hari.

Keunikan Bunga Pukul Empat

Bunga pukul empat memiliki keunikan tersendiri, yaitu mengubah warna tergantung waktu dan suhu. Biasanya bunga ini memiliki warna putih pada siang hari dan kemudian berubah menjadi warna-warni pada malam hari. Warna bunga pukul empat pun dapat berubah-ubah tergantung suhu dan intensitas sinar matahari yang diterima.

Makna di Balik Bunga Pukul Empat

Bunga pukul empat memiliki makna yang dalam di balik namanya. Karena bunga ini mekar di sore hari dan layu di pagi hari, bunga pukul empat menjadi simbol dari keseimbangan dan ketidakpastian hidup. Bunga pukul empat juga dianggap sebagai simbol kesetiaan dan keabadian, karena bunga ini mekar setiap hari tanpa peduli apapun yang terjadi di sekitarnya.

Manfaat Bunga Pukul Empat

Pemanfaatan bunga pukul empat yang akan dijadikan obat herbal diantaranya bisa dijadikan air rebusan yang kemudian bisa dikonsumsi ataupun pembuatan sari rebusan akar bunga pukul empat yang kemudian dicampur dengan campuran lain yang diijinkan dalampengobatan herbal ini. Berikut manfaat dan khasiat dari bunga pukul empat,antara lain;

Bunga Pukul Empat tidak hanya indah dipandang, tetapi juga memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Di Indonesia, bunga Pukul Empat telah lama digunakan sebagai bahan obat tradisional yang berkhasiat dalam mengatasi beberapa jenis penyakit. Berikut adalah beberapa manfaat dari bunga Pukul Empat:

  1. Menurunkan tekanan darah Bunga Pukul Empat mengandung senyawa flavonoid yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Senyawa ini berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.
  2. Mengatasi gangguan pencernaan Bunga Pukul Empat juga memiliki khasiat dalam mengatasi gangguan pencernaan, seperti sakit perut, mual, dan diare. Kandungan zat antispasmodik dalam bunga ini dapat membantu mengurangi kontraksi otot pada saluran pencernaan, sehingga mengurangi rasa sakit dan mual.
  3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh Bunga Pukul Empat mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa ini melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.
  4. Menjaga kesehatan ginjal Bunga Pukul Empat juga berkhasiat dalam menjaga kesehatan ginjal. Ekstrak bunga Pukul Empat mengandung senyawa yang dapat membantu mengurangi peradangan pada ginjal dan membantu mengeluarkan zat-zat beracun dari dalam tubuh.
  5. Membantu mengatasi gangguan tidur Kandungan zat sedatif dalam bunga Pukul Empat dapat membantu mengatasi gangguan tidur, seperti insomnia atau sulit tidur. Zat ini memiliki efek menenangkan pada sistem saraf dan membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Itulah beberapa manfaat dari bunga Pukul Empat bagi kesehatan manusia. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan bunga Pukul Empat sebagai obat tradisional harus dilakukan dengan hati-hati dan dalam dosis yang tepat, karena terlalu banyak dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal sebelum mengonsumsinya.

Sekian artikel Tanamanobat tentang Manfaat Dan Khasiat Bunga Pukul Empat Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *