Manfaat Buah Mengkudu

Manfaat Buah Mengkudu Yang Sangat Menakjubkan, Silahkan Baca Disini!

Mengkudu Merupakan Tanaman Herbal Yang Berkhasiat Untuk Menurunkan Kolesterol, Mencegah Kanker, Menyehatkan Kulit dan Lain-lain.

Mengkudu merupakan salah satu tanaman herbal yang juga memiliki kegunaan bagi kesehatan tubuh manusia. Biasanya yang dijadikan sebagai obat herbal adalah buah dan daunnya. Bentuk buahnya sedikit memanjang dan memiliki totol-totol. Ketika masih muda, buahnya berwarna hijau dan ketika sudah tua akan berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Oleh masayarakan Betawi, daun muda mengkudu biasanya digunakan sebagai bahan campuran Nasi Goreng Betawi. Sedangkan di Aceh menggunakan buahnya sebagai sayur dan rujak. Daunnya juga digunakan sebagai salah satu bahan nicah peugaga yang sering muncul sebagai menu wajib buka puasa.

Kandungan Buah Mengkudu

Dikarenakan buah mengkudu mengandung zat penting untuk mengatasi berbagai masalah, kini sudah banyak obat-obatan yang berbahan dasar mengkudu. Berikut ini adalah kandungan nutrisi yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi mengkudu.

  1. Zat nutrisi: xeronine, plant sterois,alizarin, lycine, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, dll.
  2. Zat anti bakteri yang bersifat mematikan bakteri penyebab infeksi
  3. Xeronine dan Proxeronine yang berfungsi untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif, mengatur struktur dan bentuk sel yang aktif.
  4. Zat anti kanker adalah zat yang paling efektif melawan sel-sel abnormal di dalam tubuh.
  5. Scolopetin adalah senyawa yang sangat efektif sebagai unsur anti peradangan dan anti-alergi.
  6. Terpenoid adalah zat yang membantu dalam proses sintesis organic dan pemulihan sel-sel tubuh.

7 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Mengatasi Berbagai Masalah Kesehatan

Nah, dengan terdapatnya zat-zat penting dalam buah mengkudu, kita bisa menjadikannya sebagai obat herbal yang cukup ampuh mengatasi berbagai masalah. Berikut ini adalah 7 manfaat buah mengkudu.

1. Ampuh Turunkan Kolesterol

Bagi anda penderita kolesterol tinggi, anda dapat menggunakan buah mengkudu sama seperti manfaat bawang putih untuk mengatasinya. Hal ini sudah dibuktikan melalui penelitian dimana perokok berat yang meminum jus mengkudu secara rutin akan mengurangi total kolesterol dalam jumlah besar dan meningkatkan kadar lipoprotein dengan kepadatan tinggi.

2. Mencegah Kanker dan Tumor

Berdasarkan hasil penelitian American Association for Cancer Research diketahui kandungan antioksidan di dalam mengkudu, mampu mengatasi risiko terjadinya penyakit mematikan ini. Meski rasanya pahit, buah ini sangat berguna sebab memiliki sifat merangsang kekebalan tubuh dan bersifat melawan tumor.

3. Menurunkan Demam

Buah mengkudu juga bersifat antivirus sehingga dapat membantu penyembuhan demam, nyeri, hingga batuk. Dengan mengonsumsi jus buah mengkudu dengan teratur setiap harinya, maka kita bisa selalu menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari berbagai penyakit lainnya.

4. Mengobati Arthritis

Arthritis adalah peradangan yang terjadi pada sendi yang dapat menganggu aktivitas manusia. Buah mengkudu dipercaya dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mengurangi kerusakan sendi yang terkait dengan arthritis karena sifat analgesiknya.

5. Menghindari Kerusakan Otak Akibat Stroke

Penyakit stroke dapat berimbas pada kerusakan organ tubuh lainnya terutama otak. Kandungan anti oksidan dan anti inflamasi yang terkandung dalam buah mengkudu terbukti mampu melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh panyakit stroke tersebut.

6. Meredakan Stres

Meminum jus mengkudu disertai dengan berolahraga secara rutin dipercaya mampu meredakan stres. Buah mengkudu dapat mengelola stres dan mengurangi dampak stres pada fungsi kognitif otak seseorang.

7. Bagus Untuk Kesehatan Kulit

Mengkudu memiliki sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang menjaga tubuh dan kulit bebas dari infeksi. Kandungan antioksidan juga berguna untuk melembabkan kulit dan membuatnya tetap terhidrasi. Mengkudu secara alami memperbaiki kulit Anda. Jadi, lupakan kulit kering dan kulit belang, dan selamat datang kulit yang terhidrasi dengan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *