khasiat buah dan daun jambu biji

Manfaat Buah dan Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan

Buah dan Daun Jambu Biji Memiliki Kandungan Gizi Yang Bermanfaat Sebagai Obat Herbal Seperti Meningkatkan Kualitas Sperma, Mengobati Diare, Mencegah Kanker dan Lain-lain.

Jambu biji adalah salah satu jenis tanaman penghasil buah segar dan juga bisa dijadikan sebagai tanaman obat keluarga / TOGA. Buahnya yang segar dengan rasa yang manis bisa memberikan kesegaran bagi tubuh kita. Aromanya yang khas serta daging buah yang berwarna keputihan ini bisa kita temukan dengan mudah sebab tumbuh subur di Indonesia.

Terdapat berbagai jenis tanaman jambu biji yakni sebagai berikut.

  1. Jambu Kristal
  2. Jambu Sukun
  3. Jambu Tanjung Barat
  4. Jambu Bangkok
  5. Jambu Getas Merah
  6. Jambu Australia
  7. Jambu Tukan

Tak hanya buahnya, daun jambu biji ternyata juga bisa dijadikan sebagai obat herbal seperti untuk pengobatan diare atau gangguan pencernaan. Buah jambu biji / Guava kaya akan Vitamin C yang jelas sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Selain itu buah ini juga mengandung vitamin A, asam folat, vitamin B6, vitamin B3, kalium, mangan, magnesium, dan tembaga.

Berikut ini kandungan gizi buah jambu biji per 100gram.

Serat diet 5.4 g 14%Air 86 gram
Besi 0,26 mg 3%Crypto-xanthin-ß 0 mcg
ElektrolitEnergi 68 Kcal 3,5%
Folates 49 mcg 12,5%Fosfor 11 mg 2%
Thiamin 0,067 mg 5,5%Total Lemak 0,95 g 3%
Vitamin A 624 IU 21%Vitamin C 228 mg 396%
Vitamin E 0,73 mg 5%Vitamin K 2.6 mcg 2%
Kalium 417 mg 9%Kalsium 18 mg 2%
Karbohidrat 14,3 g 11,5%Asam pantotenat 0.451 mg 9%
Lycopene 5204 mcgMagnesium 22 mg 5,5%
Mangan 0,150 mg 6,5%Mineral
Natrium 2 mg 0%Niacin 1,084 mg 7%
Phyto-nutrisiProtein 2,55 g 5%
Pyridoxine 0,110 mg 8,5%Riboflavin 0,040 mg 3%
Selenium 0.6 mcg 1%Seng 0,23 mg 2%
ß-karoten 374 mcgTembaga 0,230 mg 2,5%

Sedangkan daun jambu biji juga memiliki kandungan senyawa penting seperti berikut ini.

  1. Psiditanin 9%
  2. Minyak lemak 6%
  3. Damat sebanyak 3%
  4. Sejumlah garam mineral
  5. Minyak atsiri 0,4%
  6. masih banyak lagi.

7 Manfaat Buah dan Daun Jambu Biji

Berdasarkan sejumlah penelitian, buah dan daun jambu biji dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Dibawah ini adalah 7 manfaat buah dan daun jamu biji tersebut.

1. Meningkatkan Kualitas Sperma

Menjaga kualitas sperma sangat penting bagi pasangan suami istri. Untuk itu manfaatkan kandungan yang terdapat pada jambu biji untuk bisa meningkatkan kualitas sperma. Kandungan likopen dikenal dapat menghalau radikal bebas yang memicu ketidaksuburan kaum pria. Semakin banyak makan buah, maka kualitas dan jumlah sperma kian meningkat.

2. Obat Diare

Jambu biji mengandung zat antibakteri sehingga bisa mencegah pertumbuhan bakteri saat terkena disentri. Selain itu kandungan aretinoid, vitamin C dan potasium juag dapat membantu membunuh bakteri pada saluran pencernaan.

3. Mencegah Kanker

Kandungan penting yang terdapat pada jambu biji adalah Likopen yang cukup sangat berpengaruh pada penurunan risiko kanker prostat pada pria. Kandungan antioksidan untuk mencegah kanker ini tidak hanya terdapat di buah jambu biji saja, tapi juga di daunnya.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jambu biji yang kaya akan Vitamin C bahkan melebihi melebihi kandungan vitamin C pada buah jeruk. Vitamin C sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan tulang, gigi, gusi, meningkatkan fungsi otak dan masih banyak lagi.

5. Mengobati Darah Tinggi

Buah jambu biji dapat menurunkan kolesterol jahat dan menurunkan tekanan darah. Selain itu kandungan vitamin C dan serat juga sangat bagus untuk penederita darah tinggi.

6. Menyehatkan Mata

Daun jambu biji juga mengandung vitamin A tinggi dan berkhasiat sebagai obat mata alami yang dapat meningkatkan penglihatan Anda. Manfaat daun jambu biji juga dapat membantu menurunkan kehadiran katarak dan degenerasi makula.

7. Menurunkan Berat Badan

Anda bisa memanfaatkan konsumsi ekstrak daun jambu biji untuk membantu menurunkan berat badan Anda. Manfaat daun jambu biji bagi kesehatan yang terkait dengan penurunan berat badan berhubungan dengan khasiatnya untuk mencegah dipecahnya pati kompleks menjadi gula.

Sekian dulu pembahasan kami mengenai manfaat buah dan daun jambu biji yang ternyata sangat bagus untuk dijadikan obat herbal. Semoga pembaca sekalian mendapatkan manfaat dari informasi yang kami berikan tersebut. Terima kasih.

Langganan Artikel Terbaru Kami ✅

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan posting baru melalui email.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *