manfaat ciplukan

Manfaat Buah dan Daun Ciplukan Yang Baru Terungkap, Silahkan Baca!

Kenali Manfaat Buah Ciplukan Yakni Mengobati Kanker Payudara, Menjaga Kesehatan Mata, Meningkatkan Kesehatan Ginjal Dan Lain-lain.

Ciplukan / ceplukan atau letupan barangkali bukan hal asing bagi kita orang Indonesia. Terutama bagi kita yang tinggal di daerah pedesaan dimana tanaman ini tubuh subur hampir diseluruh penjuru nusantara. Saya sendiri sudah mengenal tanaman ini sejak kecil dimana saya dan teman-teman suka memakan buahnya yang sudah masak.

Buah ini juga memiliki rasa asam agak getir dengan disertai rasa kelat. Namun siapa sangka, dibalik rasanya yang sedikit aneh ini terkandung khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Biasanya tanaman ini tumbuh dipinggir parit dan terkadang tumbuh di halaman belakang rumah. Namun umumnya ciplukan suka dengan tanah yang agak lembab.

Saat ini sudah diberitakan kalau ciplukan harganya kian mahal di pasaran. Hal ini dikarenakan tanaman tersebut memiliki khasiat yang sangat luar biasa. Bahkan sudah banyak orang yang menggunakan ciplukan sebagai salah satu obat herbal / alami yang terbukti sangat manjur mengatasi berbagai penyakit.

Kandungan Gizi Buah dan Daun Letupan / Ciplukan

Nah, apa sajakah kandungan dari buah ciplukan sehingga memiliki manfaat buat kesehatan? Setiap 140 gram ciplukan mengandung:

  • 74 kalori
  • 15,7 gram karbohidrat
  • 6 gram serat
  • 2,7 gram protein
  • 1 gram lemak
  • 21% vitamin C harian
  • 14% kebutuhan tiamin harian
  • 5% riboflavin
  • 28% niasin
  • 7% vitamin A harian
  • 8% zat besi dan fosfor

7 Manfaat Buah dan Daun Ciplukan Yang Digunakan Sebagai Obat Herbal

Setelah kita mengtahui kandungan gizi yang terdapat pada buah ciplukan tersebut, tentunya kita tahu kalau tanaman ini bisa dijadikan bahan ramuan untuk dijadikan obatb herbal yang cukup manjur. Berikut ini adalah 7 manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi buah ciplukan.

1. Mengobati Kanker Payudara

Daun ciplukan ternyata memiliki efek sitotoksik yang mampu menginduksi kematian pada sel kanker payudara. Pernyataan ini didasarkan fakta hasil penelitian yang jelas saja akan sangat membantu para penderita kanker payudara. Dengan kata lain, ciplukan bisa dijadikan salah satu alternatif pengobatan secara alami yang sangat aman, terjangkau, dan efektif.

2. Menurunkan Gula Darah

Manfaat kedua adalah mampu menurunkan kadar gula darah. Hal ini dikarenakan tanaman ini memiliki kemampuan sebagai obat diabetes alami yakni anti hiperglikemi. Untuk menurunkan gula darah, rebus 1 tanaman ceplukan utuh beserta akarnya bersama 3 gelas air dengan api kecil hingga mendidih kemudian dinginkan. Setelah itu saring dan diminum 2 kali sehari, pada pagi dan malam hari.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan karotenoid pada buah ciplukan sangat cocok kita konsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Karotenoid merupakan salah satu bahan Bioseefit yang sangat membantu mengurangi stres oksidatif dalam sistem okular, mencegah timbulnya katarak juga degenerasi makula terkait usia.

4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Salah satu zat penting yang dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas tubuh adalah vitamin C. Buah ciplukan juga mengandung vitamin C yang bersifat antioksidan dan mampu merangsang produksi sel darah putih yang merupakan bagian dari sistem imunitas tubuh.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Hipertensi dan penyakit jantung disebabkan kadar kolesterol yang terlalu tinggi. Buah ciplukan yang mengandung asam oleat dan linoleat yang terbukti ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

6. Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Salah satu tanaman yang dipercaya sebagai obat deuretik adalah buah ciplukan. Dengan kata lain ciplukan dapat membantu menghilangkan racun melalui rangsangan untuk buang air kecil. Selin itu, ciplukan juga bisa membuang kelebihan lemak, garam, dan racun dari sistem limfatik yang akan menjaga kerja ginjal lebih optimal.

7. Menurunkan Berat Badan

Saat ini sudah banyak orang yang beralih menggunakan obat herbal untuk menurunkan berat badan. Selain terjangkau, masalah keamanan juga menjadi pertimbangan kenapa kita wajib mencoba bahan alami. Nah, buah ciplukan yang hanya mengandung 53 kalori per 100 gram adalah alternatif yang baik untuk kamu yang sedang menjalani program diet.

Langganan Artikel Terbaru Kami ✅

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan posting baru melalui email.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *