20 Makanan Penurun Tensi dari Bahan Alami

  • 7 min read
  • Jul 24, 2020
Makanan Penurun Tensi

Diperbaharui pada: March 27th, 2021 pukul 04:00 pm

Untuk membantu mengatasi masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan penurun tensi dari bahan alami.

Meski tidak ada makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat, namun menjaga pola makan yang sehat dapat membantu menurunkan perlahan-lahan.

Sebab hipertensi merupakan salah satu penyakit yang cukup membahayakan dikarenakan memiliki risiko komplikasi yang tinggi.

Makanan Penurun Tensi
Bahaya Hipertensi (sumber: freepik)

DASH atau Dietary Approaches to Stop Hypertension adalah pola makan yang direkomendasikan bagi penderita hipertensi. Tentu saja pola makan yang direkomendasikan ini memiliki prinsip yakni:

  1. Meningkatkan asupan nutrisi dari biji-bijian utuh, ikan, unggas, dan kacang-kacangan.
  2. Memperbanyak konsumsi buah, sayur, dan produk susu rendah lemak.
  3. Mengurangi konsumsi garam, makanan dan minuman manis, serta daging merah.
  4. Mengurangi makanan yang tinggi lemak jenuh, kolesterol, dan lemak trans.

Lalu apa sajakah jenis makanan penurun tensi yang direkomendasikan bagi penderita hipertensi tersebut? Silahkan simak ulasan berikut ini.

Buah Segar Sebagai Makanan Penurun Tensi

Buah-buahan segar juga dapat digunakan sebagai makanan penurun tensi yang alami. Apa saja sih buah-buahan tersebut? Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

1. Buah Golongan Berry

Salah satu makanan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah adalah buah dalam golongan beri. Ya, buah yang dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah bukan hanya buah pisang, tapi buah yang berasal dari golongan beri.

Buah dari golongan beri memiliki kandungan yang penting yang disebut dengan flavonoid. Kandungan flavonoid ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung yaitu dengan menurunkan tekanan darah.

Dari golongan buah beri ini, salah satu buah yang paling baik untuk dikonsumsi adalah buah blueberry. Buah ini merupakan buah yang memiliki kandungan flavonoid yang sangat tinggi. Sayangnya buah blueberry ini merupakan buah yang jarang dan sulit di temukan di Indonesia.

Jika Anda ingin mengonsumsi buah blueberry ini, Anda bisa memasukkannya sebagai camilan, atau sebagai campuran saat makan oat. Cara ini akan membantu memberikan manfaat kesehatan yang lebih besar.

2. Buah Delima

Selain memliki biji buah yang sangat menarik, ternyata Buah Delima juga bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Hanya dengan mengonsumsi jus buah delima secara rutin selama 4 minggu, maka dapat menurunkan tekanan darah sistolik (batas atas) dan diastolik (batas bawah).

Kandungan kalium dan polifenol dalam buah delimalah yang dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah. So, selain rasanya yang manis, kita bisa mendapatkan manfaat baik bagi kesehatan.

3. Buah Semangka

Semangka yang memiliki daging buah berwarna merah muda juga dipercaya dapat membantu mengatasi hipertensi. Kandungan L-citrulline akan membantu melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah kembali normal.

Nah, selain rasanya yang manis dan segar, kini kita sudah tahu bahwa semangka dapat membantu pasien hipetensi untuk menormalkan tekanan darah.

4. Buah Anggur

Anggur juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah. Buah surga ini memiliki kandungan kalium, polifenol, serat tinggi dan rendah kalori. Sehingga jika dikonsumsi secara rutin dapat membantu mencegahnya munculnya hipertensi.

Selain untuk mencegah hipertensi, anggur juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

5. Buah Kiwi

Makanan penurun tensi yang selanjutnya yakni buah kiwi. Buah kiwi kaya akan kandungan serat, antioksidan, serta bioaktif. Kandungan inilah yang menjadikan buah kiwi dapat membantu menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi.

Buah kiwi juga kaya akan vitamin C, vitamin E, folat, dan kalium yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Nah, mulai sekarang rajin-rajin makan buah kiwi ya.

6. Buah Belimbing

Belimbing mengandung kalium dalam jumlah yang cukup banyak. Kandungan kalium dan rendahnya kadar natrium dipercaya dapay mengurangi resiko stroke dan menurunkan tekanan darah.

Buah Belimbing juga kaya akan vitamin A dan vitamin C yang berperan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk mengonsumsinya, pasien hipertensi bisa memakan secara langsung atau disajikan dalam bentuk jus.

7. Buah Alpukat

Buah yang satu ini sangat nikmat jika disajikan dalam bentuk jus. Namun dibalik rasanya yang manis dan menyegarkan ini tersimpan manfaat baik untuk kesehatan.

Terutama untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebab buah alpukat mengandung kalium yang baik untuk pembuluh darah dan juga dapat menstabilkan debaran jantung. Kandungan lainnya yakni serat, antioksidan, folat, vitamin B6, vitamin C, asam pantotenat, dan vitamin K.

Kandungan antioksidan, lemak baik, serat, dan kalium sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Nah, sudah tahukan manfaatnya? Yuk sering-sering mengonsumsi buah alpukat!

8. Buah Pisang

Salah satu makanan yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi darah tinggi secara alami adalah pisang. Pisang adalah buah yang memiliki kandungan potasium yang tinggi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kandungan potasium yang tinggi ini bisa membantu mengurangi tekanan dalam darah karena dapat melarutkan sodium.

Potasium dapat membantu mengeluarkan natrium (NaCl) atau garam yang merupakan penyebab naiknya tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, konsumsi pisang tiap hari sangat baik untuk Anda yang memiliki masalah tekanan darah.

9. Buah Jeruk

Jeruk memiliki rasa yang manis dan warna daging buah yang segar. Jeruk kaya akan vitamin C dan fitronutrisi yang baik untuk kesehatan.

Jeruk juga dapat bermanfaat untuk membantu menurunkan tensi. Pasalnya jeruk merupakan sumber Pektin yang memiliki fungsi sebagai penurun tekanan darah. Enzim pektin yang terdapat pada jeruk dapat memperkecil penyumbatan pembuluh darah.

Makanan Penurun Tensi Alami Lainnya

Selain buah-buahan, ada beberapa jensi makanan penurun tensi yang dapat anda coba nantinya. Silahkan simak selengkapnya.

10. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu penyedap rasa yang ternyata juga berkhasiat sebagai makanan penurun tensi. Manfaat ini didapatkan berkat kandungan zat alami seperti:

  • Allicin (allyl 2-propenethiosulfinate or diallyl thiosulfinate)
  • Allyl methyl thiosulfonate
  • 1-propenyl allyl thiosulfonate
  • Y-L-glutamyl-S-alkyl-L-cysteine

Kandungan zat alami tersebut akan merangsang tubuh untuk menghasilkan zat nitric oxide (NO) dan hydrogen sulphide (H2S) yang dapat meningkatkan vasodilatasi atau pelebaran arteri untuk mengurangi tekanan darah.

11. Sayuran Hijau

Selanjutnya bahan yang bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah adalah sayuran yang berwarna hijau. Sayuran yang berwarna hijau dapat disebut sebagai tanaman herbal tekanan darah tinggi. Sayuran berwarna hijau bisa digunakan untuk membantu menurunkan tekanan darah karena kandungan potasium yang tinggi dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Kandungan potasium memiliki kemampuan untuk menetralisir kandungan sodium di dalam urine. Kandungan sodium adalah salah satu faktor terbesar yang menyebabkan tekanan darah meningkat. Dengan adanya potasium dalam jumlah besar dapat meluruhkan sodium yang ada di ginjal Anda sehingga konsumsi sayuran hijau dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Sayuran hijau seperti selada, arugula, kubis, lobak hijau, sawi, bayam, dan lainnya adalah sayuran yang paling sering kita jumpai. Tidak hanya lezat, sayuran hijau juga memiliki beberapa manfaat baik bagi kesehatan termasuk menurunkan tekanan darah tinggi.

12. Kapulaga

Cara menormalkan tensi darah selanjutnya yang bisa Anda ikuti adalah membuat wedang kapulaga. Kapulaga adalah salah satu bahan yang termasuk dalam rempah-rempah. Selain digunakan untuk bumbu dapur, kapulaga juga bisa digunakan untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Penelitian dilakukan dengan memberikan kapulaga pada 20 orang. Hasilnya, pada 20 orang yang memiliki masalah pada tekanan darah tinggi ini mengalami penurunan tekanan darah hanya dengan mengonsumsi 1.5 gram kapulaga tiap 2 kali sehari dalam 12 minggu.

Untuk mengonsumsi kapulaga ini, Anda bisa memasukkannya pada hidangan Anda, membuatnya menjadi wedang, menaburkan bubuk kapulaga pada makanan baik itu sup maupun tumisan Anda. Dengan begitu, Anda tidak hanya akan mendapatkan keuntungan menurunkan tekanan darah tapi juga mendapatkan rasa nikmat dari rempah ini.

13. Daun Kemangi

Daun kemangi adalah daun herbal penurun tekanan darah pertama yang akan kami bahas. Daun ini merupakan daun yang umum digunakan untuk tambahan dalam berbagai macam makanan. Akan tetapi manfaat dari daun kemangi ini tidak hanya dapat digunakan untuk memberikan rasa nikmat saat di campurkan pada makanan, daun kemangi ternyata juga bisa digunakan untuk membantu menurunkan tekanan darah.

Hal ini sudah dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan pada tikus, dimana ekstrak dari jamu penurun darah tinggi ini dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah dari tikus percobaan. Kemampuan dari daun kemangi untuk menurunkan tekanan darah ini disebabkan karena bahan kimia eugenol yang ada di dalam daun kemangi.

Oleh karena itu, jika Anda sedang makan penyetan, daun menurunkan darah tinggi ini jangan di sisakan ya!

14. Kayu Manis

Bahan lain yang juga dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah adalah kayu manis. Kayu manis juga banyak digunakan untuk bumbu karena rasanya yang unik. Untuk Anda yang ingin mendapatkan manfaat dari kayu manis ini, Anda bisa menaburkan bubuk kayu manis di atas hidangan Anda atau membuat minuman dari kayu manis ini.

15. Flax Seed atau Biji Rami

Tips menurunkan tekanan darah selanjutnya adalah dengan menggunakan biji rami. Biji rami ini merupakan bumbu dapur yang memiliki kandungan omega 3 yang tinggi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, 30 gram hingga 50 gram biji rami yang dikonsumsi setiap hari selama 12 hari dapat membantu memberikan efek positif yang sangat efektif. Dengan konsumsi biji rami ini, Anda akan mendapatkan banyak manfaat seperti mengurangi kolesterol dalam darah.

Untuk mendapatkan manfaat dari biji rami dalam menurunkan tekanan darah ini Anda bisa menggunakan biji rami ini dengan mengonsumsinya dengan membuatnya menjadi sebuah hidangan rumahan.

Selain itu, Anda juga bisa memasukkannya dalam ramuan tradisional darah tinggi sehat Anda agar bisa mengonsumsi biji rami ini dalam jumlah yang lebih besar.

16. Jahe

Cara menjaga tekanan darah selanjutnya bisa dilakukan dengan mengonsumsi jahe. Jahe adalah salah satu bahan yang memang sangat populer dalam dunia kesehatan. Hal ini disebabkan karena jahe ini memiliki banyak kandungan yang menyehatkan.

Bagi Anda yang sedang flu, maka jahe ini sangat cocok karena dapat memberikan efek relaksasi pada otot-otot tubuh Anda.

Selain baik untuk kekebalan tubuh, konsumsi jahe ternyata juga terbukti dapat membantu meningkatkan kualitas dari peredaran darah. Pada hewan, di buktikan bahwa jahe dapat digunakan untuk memperbaiki sirkulasi darah dan memberikan efek relaksasi di sekitar pembuluh darah Anda.

Hal inilah yang nantinya menyebabkan tekanan darah di sekitar pembuluh darah ini menjadi lebih rendah.

17. Pisang

Salah satu makanan yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi darah tinggi secara alami adalah pisang. Pisang adalah buah yang memiliki kandungan potasium yang tinggi. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kandungan potasium yang tinggi ini bisa membantu mengurangi tekanan dalam darah karena dapat melarutkan sodium.

Potasium dapat membantu mengeluarkan natrium (NaCl) atau garam yang merupakan penyebab naiknya tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, konsumsi pisang tiap hari sangat baik untuk Anda yang memiliki masalah tekanan darah.

18. Susu Skim

Susu skim merupakan sumber kalsium terbaik namun rendah lemak yang mana cukup ampuh membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Namun bagi anda yang kurang suka dengan susu, anda dapat menggantinya dengan yogurt.

Anda dapat mengkombinasikan yogurt dengan granola, potongan almond, dan buah agar rasanya semakin nikmat dan juga lebih segar.

19. Buah bit

Pada artikel sebelumnya kami telah menerbitakan artikel tentang “obat mata alami” yakni dari buah bit. Namun ternyata buah ini juga memiliki khasiat untuk menurunkan tensi darah.

Manfaat Buah bit sebagai obat hipertensi alami ini berkat kandungan nitrat. Mengonsumsi jus buah bit terbukti dapat menurunkan tekanan darah hanya dalam waktu sehari semalam saja.

20. Gandum

Gandum memiliki serat tinggi, rendah lemak, dan rendah natrium sehingga sangat bagus untuk penderita hipertensi. Selain sebagai makanan penurun tensi, gandum juga dapat membantu meningkatkan energi untuk menjalani aktivitas Anda.

Beras gandum, roti gandum, sereal gandum atau sarapan berserat tinggi seperti rolled oat, bubur gandum, atau untoasted muesli adalah pilihan versi gandum yang bisa dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Nah, demikian adalah bagaimana cara menurunkan darah tinggi yang bisa dilakukan secara alami. Dengan konsumsi buah-buah dan tanaman herbal yang sudah disebutkan di atas, maka Anda bisa mengurangi obat yang dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah karena sedikit banyak tekanan darah Anda bisa dikurangi jika mengonsumsi penurun tekanan darah alami ini.

Baca juga review mengenai obat anti hipertensi berikut ini:

  1. Cardionormin
  2. Tensilab
  3. Cardiovax
  4. Naturatensi
  5. Normalife
Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Terbaru Kami ✅

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan posting baru melalui email.

essenzo essenzo