Apa saja sih Makanan Pantangan Hipertensi? Yuk cari tahu!

  • 4 min read
  • Jul 24, 2020
Makanan Pantang Hipertensi

Diperbaharui pada: March 27th, 2021 pukul 04:03 pm

Ketika memiliki kondisi kesehatan tertentu, maka Anda harus mengikuti aturan dokter termasuk mengenai pantangan yang diberikan oleh dokter termasuk Makanan Pantangan Hipertensi. Penyakit hipertensi atau darah tinggi sesungguhnya adalah penyakit yang cukup ringan jika dirawat dengan baik. Akan tetapi jika Anda tidak mengikuti saran dokter, maka hal ini bisa menyebabkan masalah yang besar bagi kesehatan Anda.

Serangan jantung dan stroke adalah resiko yang paling berbahaya jika penderita hipertensi tidak dapat menjaga pola makan dan gaya hidup. Tidak hanya serangan jantung dan stroke, komplikasi hipertensi seperti disfungsi seksual, gangguan penglihatan dan penyakit ginjal juga akan menjadi masalah kesehatan yang membahayakan penderita.

Makanan Pantang Hipertensi dan Menjaga Pola Makan Sehat
Pola Makan Sehat

8 Makanan Pantangan Hipertensi Yang Harus Dihindari

Agar tekanan darah tidak naik lagi, penderita hipertensi sudah seharusnya menghindari makanan pantangan serta mengonsumsi makanan penurun tensi yang direkomendasikan. Maka dari itu pola makan yang sehat menjadi prioritas utama yang harus dilakukan jika tidak ingin menghadapi masalah yang lebih serius lagi.

Lalu apa saja hal yang harus dihindari saat Anda menderita darah tinggi? Berikut ini ulasannya.

1. Garam

Salah satu pemicu tekanan darah tinggi pada tekanan darah adalah garam. Garam merupakan salah satu sumber sodium yang paling utama. Sedangkan sodium sendiri adalah senyawa yang bertugas untuk membuat konsentrasi darah menjadi lebih pekat. Dengan kondisi darah yang pekat ini, maka tekanan darah akan menjadi lebih tinggi.

Hal ini membuat gram dan juga sodium menjadi salah satu hal yang harus dihindari agar tekanan darah normal. WHO menyarankan agar konsumsi garam dibatasi kurang dari 5 gram per hari atau kurang dari 1 sendok teh.

Jika bicara mengenai garam, maka hal yang sedang dibahas di sini bukan hanya garam dalam bentuk garam dapur, akan tetapi yang sedang dibahas di sini adalah garam dalam bentuk keseluruhan yaitu makanan-makanan yang memiliki kandungan garam yang tinggi. Contohnya adalah makanan sayuran kalengan, asinan, pizza beku, dan makanan-makanan lain yang diawetkan.

2. Makanan yang Dibekukan

Bagi Anda yang memiliki masalah darah tinggi, maka sebaiknya hindari makanan-makanan yang telah diproses. Salah satunya adalah makanan yang dibekukan dan makanan junk atau junk food. Makanan yang telah diproses sangat umum dalam menyebabkan gejala darah tinggi. Lalu apa gejala darah tinggi yang paling umum terjadi jika Anda mengonsumsi terlalu banyak makanan yang telah diproses dan dibekukan?

Salah satu gejalanya adalah rasa sakit kepala yang tidak tertahankan, mimisan, rasa lelah dan juga rasa bingung, rasa sakit pada bagian dada dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain memiliki kandungan garam yang tinggi, makanan yang telah diproses dan dibekukan biasanya juga bisa menyebabkan darah tinggi dan kolesterol. Hal ini disebabkan karena makanan yang sudah proses biasanya akan diproses dengan lemak dengan cara digoreng sehingga kandungan kolesterol menjadi cukup tinggi.

3. Asinan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, asinan adalah salah satu makanan yang harus dihindari karena kandungan sodium yang tinggi. Asinan sesungguhnya cukup baik untuk pencernaan Anda. Hal ini disebabkan karena kandungan probiotik yang dimiliki oleh asinan sangat baik untuk kesehatan usus, akan tetapi jika Anda mengonsumsi dalam jumlah banyak, maka Anda akan mendapatkan efek buruk dari kandungan sodium yang ada di dalam asinan tersebut.

Asinan memiliki kandungan sodium yang tinggi. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari asinan ini Anda mungkin bisa mengimbanginya dengan konsumsi buah pisang atau daun-daunan hijau yang memiliki kandungan potasium yang tinggi. Dengan begitu, efek samping darah tinggi yang disebabkan karena asinan dapat diminimalisir.

4. Alkohol

Selanjutnya, hal yang harus dihindari ketika Anda memiliki tekanan darah tinggi adalah alkohol. Alkohol yang tidak boleh dikonsumsi bukan alkohol dalam bentuk minuman, tapi juga dalam bentuk makanan. Makanan-makanan yang difermentasi seperti tape merupakan makanan yang memiliki kandungan alkohol. Jika Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan alkohol dalam jumlah yang besar, maka hal ini bisa menyebabkan gejala darah tinggi Anda menjadi lebih parah.

Oleh karena itu, alkohol adalah salah satu Makanan Pantangan Hipertensi yang paling utama. Selain membantu mengurangi tekanan darah tinggi, menghindari alkohol juga bisa digunakan untuk mengurangi efek buruk alkohol untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Selain mempengaruhi tekanan darah, alkohol juga dapat menyebabkan kerusakan hati sehingga dapat menyebabkan masalah yang lebih besar.

5. Minuman Ringan

Minuman ringan juga merupakan salah satu jenis makanan yang harus dihindari ketika Anda mengalami darah tinggi. Untuk darah tinggi, minuman ringan yang memiliki kandungan gula yang tinggi juga menyebabkan masalah pada peredaran darah Anda. Minuman ringan memiliki kandungan gula yang tinggi yang pada akhirnya dapat menyebabkan peningkatan berat badan yang berlebihan atau obesitas. Jika berat badan naik, maka peredaran darah menjadi tidak sebaik sebelumnya.

6. Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng adalah salah satu jenis makanan yang harus dihindari ketika Anda memiliki masalah tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena makanan yang digoreng merupakan jenis makanan yang memiliki kandungan lemak yang tinggi. Lemak adalah salah satu substansi penting untuk kesehatan, sayangnya dalam makanan yang digoreng, kandungan lemak yang dimilikinya bukan merupakan lemak baik sehingga dapat menyebabkan masalah pada tubuh.

Lemak yang buruk dapat menyebabkan plak dalam pembuluh darah yang dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi menyempit. Penyempitan pembuluh darah ini bisa menyebabkan tensi menjadi naik. Hal ini memang tidak akan terjadi dalam waktu singkat sehingga tidak ada cara menurunkan tensi dengan cepat jika darah tinggi disebabkan karena tekanan darah tinggi yang baik.

Oleh karena itu, jika Anda memang sudah terdeteksi memiliki masalah darah tinggi, maka sebaiknya Anda menghindari makanan penyebab darah tinggi salah satunya adalah makanan yang digoreng agar tidak membuat kondisi darah tinggi Anda menjadi lebih parah lagi. Salah satu jenis makanan yang paling banyak harus dihindari karena kondisi darah tinggi ini adalah makanan cepat saji di restoran siap saji.

7. Daging Olahan

Makanan selanjutnya yang sering kali menjadi penyebab darah tinggi di usia muda adalah daging olahan. Daging olahan memang memiliki rasa yang nikmat, contoh dari daging olahan ini adalah sosis, ham, nugget dan masih banyak lagi yang lainnya. Daging olahan ini merupakan jenis makanan yang baiknya dihindari ketika Anda ingin menurunkan tekanan darah Anda.

Daging yang sudah diolah dan dijual dipasaran ini wajib dihindari karena biasanya jenis daging seperti ini memiliki kandungan lemak dan juga kandungan garam yang tinggi. Hal inilah yang menyebabkan daging olahan juga bisa menjadi penyebab munculnya gejala darah tinggi.

Sayangnya hidangan cepat saji dan daging olahan ini memang sangat mudah untuk dikonsumsi karena lebih cepat. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang lebih memilih makanan tersebut. Akan tetapi jika Anda memang tidak ingin mengalami gejala dan komplikasi dari darah tinggi, sebaiknya hindari apa penyebab tekanan darah tinggi agar Anda bisa hidup lebih lama.

8. Snack Kemasan

Satu lagi hal yang mungkin dianggap sepele tapi ternyata memiliki efek yang besar terhadap tekanan darah tinggi adalah mengenai snack dalam kemasan yang sering kali Anda konsumsi. Snack memang terkesan ringan dan tidak banyak, akan tetapi perlu Anda tahu bahwa snack dalam kemasan ini memiliki kandungan sodium yang tinggi. Kandungan sodium yang tinggi inilah yang menyebabkan snack dalam kemasan menjadi Makanan Pantangan Hipertensi yang wajib dan harus dihindari.

Nah, agar kondisi tekanan darah anda tidak memburuk, anda harus menghindari makanan pantangan tersebut. Selain itu anda juga harus mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat seperti berolaraga secara rutin, berhenti merokok bagi perokok, menghindari stres, istirahat yang cukup, minum air putih cukup dan masih banyak lagi.

Tambahan

Untuk membantu anda menormalkan dan menurunkan tekanan darah, anda bisa mengonsumi obat hipertensi berikut ini dimana terbuat dari ekstrak bahan alami.

  1. Cardionormin
  2. Tensilab
  3. Cardiovax
  4. Naturatensi
  5. Normalife
Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Terbaru Kami ✅

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan posting baru melalui email.

essenzo essenzo