Makanan pantangan hipertensi

Makanan Pantangan Bagi Penderita Hipertensi

Agar tekanan darah tidak naik lagi, penderita hipertensi sudah seharusnya menghindari makanan pantangan serta mengonsumsi makanan penurun tensi yang direkomendasikan. Maka dari itu pola makan yang sehat menjadi prioritas utama yang harus dilakukan jika tidak ingin menghadapi masalah yang lebih serius lagi.

Serangan jantung dan stroke adalah resiko yang paling berbahaya jika penderita hipertensi tidak dapat menjaga pola makan dan gaya hidup. Tidak hanya serangan jantung dan stroke, komplikasi hipertensi seperti disfungsi seksual, gangguan penglihatan dan penyakit ginjal juga akan menjadi hal yang membahayakan penderita.

Untuk membantu anda menormalkan dan menurunkan tekanan darah, anda bisa mengonsumi obat hipertensi berikut ini dimana terbuat dari ekstrak bahan alami.

  1. Cardionormin
  2. Tensilab
  3. Cardiovax
  4. Naturatensi
  5. Normalife

Jenis makanan yang dikonsumsi sangat mempengaruhi kondisi tekanan darah dimana salah satu yang mungkin sering kita makan adalah garam. Bahkan WHO menyarankan agar konsumsi garam dibatasi kurang dari 5 gram per hari atau kurang dari 1 sendok teh.

Makanan yang mengandung garam dapat merusak pembuluh darah dan arteri dalam jantung sehingga bisa meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung. Selain garam, jenis makanan pantangan lain bisa dilihat dibawah ini.

Jenis Makanan yang Harus Dihindari

1. Daging Olahan

Makanan pantangan darah tinggi yang pertama dan paling utama adalah daging olahan atau daging yang sudah dikemas seperti sosis. Alasan dibalik pantangan tersebut dikarenakan daging olahan biasanya diproses dengan menggunakan garam.

2. Makanan dan Minuman Kaleng

Makanan dan minuman olahan seperti sarden, sosis, kornet, sayur kaleng dapat meningkatkan risiko hipertensi. Tidak hanya hipertensi Makanan dan minuman kaleng juga dapat memicu obesitas dan penyakit kardiovaskular.

3. Gula

Gula juga dapat mempengaruhi tekanan darah. Oleh karenanya anda yang menderita hipertensi harus mengurangi asupan gula sebab tidak hanya hipertensi, asupan gula yang berlebihan juga dapat berisiko meningkatkan berat badan hingga alami obesitas.

4. Minuman Berkafein

Beberapa jenis minuman yang mengandung kafein antara lain kopi, teh dan soda ternyata juga dapat menyebabkan tekanan darah tidak normal. Sebab kandungan kafein inilah yang menjadi pemicu naiknya tekanan darah.

5. Makanan Mengandung Lemak Jenuh Tinggi

Makanan yang mengandung lemak jenuh seperti kulit ayam, daging merah, mentega, dan susu harus dihindari sebab dapat meningkatkan kandungan LDL atau kolesterol jahat. Kandungan LDL atau kolesterol jahat yang tinggi dapat menyebabkan tekanan darah memburuk serta rentan terkena penyakit jantung koroner.

Selain 5 jenis makanan diatas, berikut adalah makanan pantangan bagi penderita hipertensi lainnya.

  1. Makanan yang diawetkan
  2. Susu full cream
  3. Mentega
  4. Keju
  5. Kecap
  6. Alkohol
  7. Dll.

Nah, agar kondisi tekanan darah anda tidak memburuk, anda harus menghindari makanan pantangan tersebut. Selain itu anda juga harus mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat seperti berolaraga secara rutin, berhenti merokok bagi perokok, menghindari stres, istirahat yang cukup, minum air putih cukup dan masih banyak lagi.

Langganan Artikel Terbaru Kami ✅

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan posting baru melalui email.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *