manfaat lengkuas

Lengkuas, Penyedap Rasa Yang Juga Bermanfaat Bagi Kesehatan

Selain Sebagai Penyedap Rasa, Lengkuas Dapat Berguna Untuk Mencegah Kanker dan Tumor, Menurunkan Kolesterol, Meredakan Batuk Dan Masih Banyak Lagi.

Lengkuas sudah lama dikenal sebagai salah satu bumbu penyedap rasa. Tanaman ini berbentuk umbi-umbian sama seperti tanaman kunyit dan jahe. Aneka masakan akan lebih terasa nikmat jika ditambahkan rimpang lengkuas yang dimemarkan ataupun menggunakan bubuk lengkuas. Masakan yang biasa menggunakan bahan dari lengkuas sebagai penyedap rasa seperti ayam goreng, soto ayam, opor ayam, nasi kuning dan masih banyak lagi.

Tanaman yang bernama lain laos ini memiliki aroma yang khas dan tajam. Umumnya tanaman lengkuas tumbuh di daratan asia tenggara namun sudah digunakan sebagai bumbu masak hingga ke Eropa dan Timur Tengah. Campuran bumbu masak yang ditambahkan lengkuas akan memperkuat rasa dari bumbu lainnya. Tanaman tersebut mampu menonjolkan cita rasa pedas dari bumbu yang berbahan dasar cabai, bawang putih, dan bawang merah.

Kandungan Penting Yang Terdapat Pada Lengkuas

Belakangan ini sudah banyak orang yang menggunakan lengkuas sebagai salah satu bahan obat alami / herbal. Hal ini dikarenakan lengkuas mengandung berbagai senyawa penting seperti berikut ini.

  • 5.3 gram karbohidrat
  • 1.2 gram protein
  • 1 gram lemak
  • 2.4 grams serat
  • 11.8 milligram natrium
  • 5.4 gram vitamin C

Manfaat Tamanam Lengkuas Sebagai Obat Herbal

Nah, sekarang kita akan melihat apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari lengkuas tersebut. Dibawah ini adalah 7 manfaat lengkuas yang bisa kita gunakan sebagai obat herbal yang sangat berkhasiat.

1. Obat Herbal Pencegah Kanker dan Tumor

Zat antioksidan adalah salah satu zat yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas sehingga dapat mencegah datangnya penyakit kanker dan tumor. Zat inilah yang terkandung dalam lengkuas. Kita bisa mengkonsumsi lengkuas dalam berbagai cara seperti bumbu masak, campuran minuman hangat dan lain sebagainya.

2. Obat Herbal Untuk Mengatasi Diare

Diare biasanya disebabkan oleh bakteri patogen yang bersarang pada saluran pencernaan. Jika Anda sedang mengalami diare, anda dapat menggunakan lengkuas karena kandungan galangal dan antimikroba bisa menyembuhkan diare tersebut.

3. Obat Herbal Untuk Meningkatkan Jumlah Sperma

Iranian Journal of Reproductive Medicine pernah melakukan penelitian pada tahun 2014 yang menyimpulkan lengkuas dapat meningkatkan motilitas dan jumlah sperma serta meningkatkan kesehatan sperma. Studi lain juga menyatakan jumlah sperma akan meningkat tiga kali lipat ketika 34 pria sehat menerima ekstrak buah delima dan lengkuas.

4. Obat Herbal Untuk Menurunkan Kolesterol

Para peneliti dari China juga menyatakan bahwa ekstrak lengkuas dapat membantu melawan sintase asam lemak dengan bantuan flavonoidnya seperti kaempferol, quercetin, dan galanin. Sementara itu peneliti dari Korea juga membuktikan bahwa ekstrak lengkuas secara substansial mengurangi kolesterol dan Trigliserida.

5. Obat Herbal Sebagai Obat Peradangan

Kandungan zat karioferida, galangin, galangin 3 metil eter, dan zat lainnya pada lengkuas merupakan zat anti radang ntuk mengobati masalah peradangan saluran napas bronkhitis, memulihkan rasa kurang nyaman akibat peradangan pada perut, dan bisul.

6. Obat Herbal Untuk Meredakan Batuk

Mengkonsumsi campuran lengkuas bubuk dengan air panas juga sangat berkhasiat untuk meredakan batuk dan gangguan pada saluran pernafasan lainnya. Cara lainnya yakni dengan menyeduh irisan lengkuas dengan air kapur sirih dan diminum diminum satu kali dalam satu hari. Sifat zat ekspektoran pada lengkuas inilah yang bermanfaat sebagai obat batuk alami.

7. Obat Herbal Untuk Meningkatkan Sirkulasi Darah

Lengkuas juga terbukti dapat meningkatkan sirkulasi darah serta menjaga kesehatan kulit. Anda bisa memasukkan lengkuas dalam menu diet harian. Sirkulasi darah yang lancar pada akhirnya berkontribusi dalam menjaga jantung tetap sehat. Sifat antioksidan yang dimiliki ramuan ini sanggup mencegah racun berbahaya untuk disimpan dalam tubuh.

Demikian ulasan mengenai manfaat lengkuas bagi kesehatan tubuh manusia. Semoga dapat bermanfaat bagi anda dan banyak orang. Terima kasih.

Langganan Artikel Terbaru Kami ✅

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan posting baru melalui email.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *