Khasiat Tanaman Kunyit

Kunyit, Si Kuning Yang Memiliki Berbagai Khasiat

Khasiat Tanaman Kunyit Adalah Mengobati Asam Lambung, Menurunkan Berat Badan, Menurunkan Gula Darah dan Masih Banyak Lagi.

Tanaman kunyit adalah salah satu rempah-rempah dan juga bahan ramuan obat herbal yang tumbuh subur di wilayah Asia Tenggara. Bagi kita orang Inndonesia tentunya sudah sangat mengenal tanaman ini. Biasanya tanaman ini digunakan sebagai bumbu masakan seperti gulai, nasi goreng, ayam bumbu dan masih banyak lagi. Tidak hanya sebagai bahan makanan, tanaman kunyit juga bisa dijadikan sebagai ramuan minuman tradisional seperti jamu kunyit asam, bandrek, teh susu kunyit dan lain sebagainya.

Warna kuningnya pada kunyit bisa dijadikan sebagai pewarna makanan dan minuman secara alami. Aromanya yang khas juga bisa menambah cita rasa makanan. Bahkan kini tanaman ini sudah digunakan sebagai bahan pembuatan obat berbagai penyakit yang mampu bersaing dengan berbagai obat paten. Hal ini karena nutrisi dan senyawa yang terkandung dalam tanaman kunyit tersebut sangat dibutuhkan untuk mengatasi berbagai penyakit.

Kandungan Nutrisi dan Senyawa Obat Pada Tanaman Kunyit

Si kuning ini mengandung senyawa yang berkhasiat obat atau kurkuminoid yakni desmetoksikumin sebanyak 10% dan bisdesmetoksikurkumin sebanyak 1-5% dan zat- zat bermanfaat lainnya seperti minyak atsiri yang terdiri dari Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil. Kunyit juga mengandung Lemak sebanyak 1 -3%, Karbohidrat sebanyak 3%, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, dan garam-garam mineral, yaitu zat besi, fosfor, dan kalsium.

Setiap 100 gram kunyit mengandung:

  1. Lemak 10 g
  2. Sodium 38 mg
  3. Kalium 2.525 mg
  4. Karbohidrat 65 g
  5. Protein 8 g
  6. Kolesterol 0 mg

7 Khasiat Tanaman Kunyit Untuk Kesehatan

Setelah kita mengenali kandungan nutrisi dan senyawa yang berkhasiat obat tersebut, kita bisa tahu kalau tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut kami rangkum 7 khasiat tanaman kunyit untuk kesehatan manusia.

1. Mengobati Asam Lambung

Asam Lambung adalah salah satu gangguan kesehatan yang bisa kita atasi menggunakan bahan kunyit. Cukup gunakan kunyit sebagai campuran makanan atau kita menjadikannya minuman hangat yang dicampur dengan madu atau teh. Khasiat lainnya untuk pencernaan yakni mengurangi diare dan mual.

2. Menurunkan Berat Badan

Rutin meminum jamu kunyit selama 30 hari terbukti mampu membantu menurunkan berat badan. Dalam jangka panjang, minum jamu kunyit asam dapat membuat hasil penurunan berat badan jadi lebih maksimal. Hal ini dikarenakan kunyit berfungsi menekan respon peradangan pada sel tubuh sehingga dapat membantu menurunkan berat badan berlebih.

3. Menurunkan Gula Darah

Penderita diabetes bisa menjadikan tanaman ini sebagai pengobatan alami yang tidak terlalu memiliki efek samping. Ekstrak kunyit membantu meningkatkan fungsi insulin, menstabilkan kadar gula darah, dan membuat gejala diabetes lebih mudah ditangani.

4. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan kurkumin atau antioksidan kuat pada tanaman kunyit bisa menetralkan radikal bebas. Kurkumin juga mampu meningkatkan aktivitas enzim antioksidan tubuh sehingga memberikan perlawanan terhadap radikal bebas secara langsung, kemudian merangsang pertahanan antioksidan tubuh.

5. Mengatasi Kanker

Kunyit dapat dimanfaatkan untuk mengatasi kanker yang sudah dibuktikan oleh sejumlah penelitian. Hal ini dikarenakan kandungan kurkuminnya dapat mengurangi pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor, penyebaran kanker, serta berkontribusi terhadap kematian sel kanker. Kunyit juga bermanfaat memperlambat penyebaran kanker payudara ke paru-paru dan bagian tubuh lain.

6. Penawar Racun Ular

Kandungan antioksidan pada kunyit dapat menetralkan racun gigitan ular. Kandungannya dapat menghambat aktivitas bisanya di dalam darah dan menghentikannya agar tidak menyebar ke seluruh tubuh. Tak hanya saat terkena racun saja, air kunyit juga bisa untuk pemulihan.

7. Meningkatkan Kinerja Otak

Untuk memaksimalkan fungsi saraf otak, tubuh butuh BDNF (Brain-derived Neurotrophic Factor) yang merupakan hormon yang tumbuh di otak. Dengan mengkonsumsi kunyit, produksi hormon tersebut akan meningkat sehingga dapat meningkatkan kinerja otak.

Itulah rangkuman 7 khasiat tanaman kunyit untuk kesehatan. Silahkan coba berdasarkan masalah kesehatan yang sedang Anda alami. Terima kasih.

Sumber referensi: https://id.wikipedia.org/wiki/Kunyit | https://www.alodokter.com/kebenaran-manfaat-kunyit-ditinjau-dari-segi-medis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *