khasiat lidah buaya

Khasiat Luar Biasa Lidah Buaya untuk Kecantikan dan Kesehatan

Lidah Buaya Kaya Akan Manfaat Seperti Untuk Kecantikan dan Kesehatan Serta Dapat Dikonsumsi

Kebanyakan orang-orang menganggap lidah buaya hanya memiliki manfaat untuk kecantikan saja. Namun ternyata selain untuk kecantikan, tanaman yang memiliki bentuk panjang dan runcing ini juga berkhasiat sebagai bahan obat-obatan alami.

Lidah buaya atau Aloe vera merupakan salah satu jenis tanaman yang sudah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional diberbagai negara.Seperti di India yang sudah sejak lama menggunakan lidah buaya untuk mengatasi sembelit, penyakit kulit, cacingan dan lain sebagainya.

Selain itu di China, tanaman tersebut kerap digunakan untuk pengobatan penyakit jamur. Sedangkan di duni Barat, aloe vera digunakan dalam industri kosmetik dan farmasi.

Tahukan Anda, Ternyata Lidah Buaya Juga Bisa Dikonsumsi

Tanaman ini juga bisa dikonsumsi dengan cara dijadikan sebagai minuman segar atau jus. Cukup ambil bagian gel atau bagian dalam yang berbentuk bening, cuci bersih dan diblender serta diberi bahan lainnya seperti air, cuka putih dan perasan air jeruk. Selain dijadikan jus, lidah buaya juga bisa dimakan langsung.

7 Khasiat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Berikut ini adalah 7 khasiat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan. Silahkan baca untuk dapat mengetahui manfaat tersebut.

1. Menyehatkan Kulit

Zat polisakarida dan sterol yang terdapat pada Aloe vera ini dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit. Sedangkan kandungan kalsium dan antioksidan dapat mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit dan memperkuat jaringan kulit.

2. Menyehatkan Rambut

Kita sudah tahu kalau tanaman ini sudah lama digunakan untuk rambut. Bahkan saya sendiri pernah menggunakannya secara langsung yakni dengan menggosok-gosokan daun ke bagian kulit kepala. Nah, ternyata lidah buaya ini memang terbukti cukup bagus untuk kesehatan rambut kita.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi lidah buaya dalam bentuk minuman yaitu jus atau suplemen lidah buaya dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Lidah buaya akan membantu penyerapan vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh secara maksimal sehingga kekebalan tubuh akan meningkat.

4. Membasmi Plak Gigi

Lidah buaya memiliki efek yang hampir sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba sehingga dapat membasmi plak pada gigi. Cukup gunakan sebagai obat kumur dan dapatkan manfaatnya bagi kesehatan gigi Anda.

5. Mengurangi Berat Badan

Lidah buaya juga dapat membantu proses detoksifikasi, maka secara langsung juha akan membuat proses metabolisme dalam tubuh meningkat. Dengan meningkatnya proses metabolisme, maka tidak akan ada timbunan lemak dalam tubuh sehingga dapat membantu mengurangi berat badan Anda.

6. Membantu Sistem Pencernaan

Lidah buaya mengandung enzim yang dapat membantu pemecahan gula dan lemak yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, lidah buaya juga dapat membantu menurunkan iritasi di lambung dan usus.

7. Menurunkan Gula Darah

Manfaat lidah buaya terakhir adalah untuk menurunkan kadar gula di dalam darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mereka yang rajin mengonsumsi lidah buaya memiliki gula darah yang rendah sebab senyawa alami dalam lidah buaya akan meningkatkan sensitivitas insulin.

Sebenarnya masih banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari tanaman lidah buaya tersebut. Namun 7 manfaat diatas mungkin sudah cukup menggambarkan kalau tanaman ini benar-benar kaya akan manfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *