manfaat kayu manis

Kayu Manis, Rempah Terbaik Yang Bermanfaat Bagi kesehatan

Kayu Manis Merupakan Rempah Terbaik Yang Kaya Akan Manfaat Seperti Menurunkan Kolesterol, Mencegah Kanker, Mencegah Diabetes Dan Masih Banyak Lagi.

Kayu Manis adalah salah satu jenis rempah yang memiliki aroma yang khas serta rasanya yanng manis pedas. Banyak makanan yang diolah menggunakan bumbu yang berbahan dasar kayu manis seperti ayam crispi, sopang isi apel, sup, soto dan juga bahan minuman sehat seperti bandrek, teh jahe dan masih banyak lagi.

Konon penggunaan kayu manis sebagai bumbu makanan sudah digunakan sejak 5000 tahun yang lalu pada peradaban Mesir Kuno. Tidak hanya sebagai bumbu makanan, tanaman tersebut juga sudah digunakan sejak lama sebagai bahan obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Kandungan Senyawa Kayu Manis

Penggunakan kayu manis sebagai salah satu bahan obat-obatan dikarenakan kandungan senyawa penting seperti:

  1. Minyak asiri eugenol
  2. Safrole, sinamaldehide
  3. Tannin
  4. Kalsium oksalat
  5. Damar
  6. Zat penyamak

Beberapa efek farmakologis yang dapat diberikan oleh kayu manis adalah peluruh kentut (carminative), peluruh keringat (diaphoretic), antirematik, penambah nafsu makan (stomachica), dan penghilang rasa sakit (analgesic). Saat ini kayu manis sudah banyak dijual diberbagai pasar karena sudah terbukti memiliki berbagai khasiat. Jenis tanaman kayu manis juga terbagi menjadi beberapa jenis yang dijual dipasaran seperti:

  1. Cinnamomum verum'(True cinnamon, Sri Lanka cinnamon atau Ceylon cinnamon).
  2. C. burmannii (korintje, kasiavera, atau Indonesian cinnamon).
  3. C. loureiroi (Saigon cinnamon atau Vietnamese cinnamon).
  4. C. aromaticum (Cassia atau Chinese cinnamon).

7 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Setelah kita mengenali apa itu kayu manis dan kandungannya, sekarang kita lanjutkan dengan pembahasan mengenai manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah 7 manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi kayu manis.

1. Menurunkan Kolesterol

Kandungan kalsium, serat, dan banyak mineral seperti mangan sangat cocok untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kayu manis bisa ditambahkan ke kue, minuman, atau sekadar membuat infus water untuk minum teh yang lezat. Campuran madu dan kayu manis bisa membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh hingga lebih dari 20 persen. Selain kayu manis, seledri juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

2. Mencegah Kanker

University of Texas pernah melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa senyawa pada kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Secara keseluruhan, ekstrak kayu manis dapat bertidak sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker dan pembentukan pembuluh darah pada tumor.

3. Sebagai Antioksidan

Kayu manis yang kaya akan kandungan antioksidan yang tinggi sangat disaran bagi merke yang sering terpapar polusi udara. Kandungan polifenol sebagai antioksidan akan membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas. Polifenol juga berkhasiat untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, melindungi kulit dari radiasi sinar UV, mengurangi inflamasi, dan menjaga kesehatan otak.

4. Meredakan Kram Saat Menstruasi

Air kayu manis mampu meredakan kram bagi wanita yang sedang menstruasi. Hal ini dikarenakan kayu manis bersifat analgesik dan anti koagulasi yang membantu mengurangi rasa nyeri. Tanaman ini juga membantu mengurangi tingkat keparahan saat haid, jika wanita cenderung memiliki aliran yang lebih deras.

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan zat antioksidan seperti polifenol dan proanthocyanidins sangat bagus untuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh. Sifatnya yang anti jamur antibakteri, dan antivirus juga berkhasiat menurunkan risiko berbagai penyakit seperti masalah jantung atau penyakit pernapasan.

6. Mencegah Diabetes

Untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh, kita membutuhkan zat antioksidan yang bisa kita dapatkan pada tanaman kayu manis. Ramuan bubuk kayu manis yang dicampur kedalam teh hangat bisa menurunkan berat badan dan obat rumahan yang efektif untuk diabetes. Penelitian yang diterbitkan pada tahun 2003 di Diabetes Care menemukan bahwa kayu manis dapat membantu meningkatkan kadar glukosa dan lipid pada pasien dengan diabetes tipe 2 sama halnya dengan daun salam.

7. Menghangatkan Tubuh

Bagi anda yang ingin menghangatkan tubuh disaat musim hujan, anda bisa membuat beraneka ramuan herbal dari kayu manis. Tanaman ini mampu meningkatkan sirkulasi darah dan membuat tubuh lebih hangat. Cukup seduh 1/2 sendok teh bubuk kayu manis dengan air hangat dan tambahkan madu. Minuman ini akan terasa lebih nikmat jika diminum pada pagi hari.

Itulah beberapa manfaat dari kayu manis bagi kesehatan. Semoga dapat berguna bagi anda yang sedang mengalami masalah kesehatan. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *