Manfaat Daun Singkong

Jangan Dianggap Sepele, Ternyata Daun Singkong Banyak Manfaatnya

Kandungan Gizi Daun Singkong Bermanfaat Sebagai Obat Herbal Untuk Menurunkan Kolesterol, Menstabilkan Gula Darah, Mencegah Kanker dan Lain-lain.

Singkong merupakan salah satu tanaman penghasil umbi yang dikenal sebagai makanan penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran. Singkong dikenal juga dengan nama ketela pohon atau ubi kayu yang tumbuh subur di wilayah Indonesia dimana singkong masuk ke Indonesia dibawa oleh Portugis ke Maluku sekitar abad ke-16.

Aneka masakan bisa dihasilkan dengan menggunakan umbi sebagai bahan dasar tape, gethuk, onde-onde, ongol-ongol dan lain sebagainya. Sementara itu daunnya sering digunakan sebagai sayur yang dapat menambah selera makan. Biasanya daun singkong dimasak sama seperti sayur bayam dan kangkung. Namun pada beberapa daerah menyajikannya dengan olahan daun ubi tumbuk dan gulai.

Kandungan Gizi Daun Singkong

Tentun saja kita orang Indonesia sangat familiar dengan tanaman yang satu ini. Namun mungkin belum banyak yang tau kalau ternyata daun ubi kayu ini memiliki kegunaan bagi kesehatan tubuh manusia. Kenapa? Sebab daun ubi kayu mengandung gizi yang sangat penting bagi kesehatan. Berikut adalah kandungan gizi daun singkong per 100 gram.

  • Kalori 121 kal
  • Air 62,50 gram
  • Fosfor 40,00 gram
  • Karbohidrat 34,00 gram
  • Kalsium 33,00 miligram
  • Vitamin C 30,00 miligram
  • Protein 1,20 gram
  • Besi 0,70 miligram
  • Lemak 0,30 gram
  • Vitamin B1 0,01 miligram

7 Manfaat Daun Singkong Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Nah, sekarang kita akan melihat apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi daun singkong. Berikut adalah 7 manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Mengonsumsi daun singkong terbukti dapat menurunkan kolesterol jahat atau LDL di dalam darah sama halnya dengan manfaat bawang putih. Serat yang terkandung dalam daun singkong inilah yang berperan dalam menurunkan kadar kolesterol tersebut. Selain itu, serta juga dapat menyehatkan jantung, mengurangi peradangan, dan menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu, konsumsilah daun singkong agar terhindar dari kolesterol tinggi.

2. Menstabilkan Gula Darah

Rutin mengonsumsi daun singkong juga dipercaya dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Sebab kandungan serat pada daun singkong akan memperlambat penyerapan gula pada makanan. Selain itu, glikemik Indeks atau kadar gula singkong lebih rendah daripada beras. Ini memberikan efek kenyang. Dengan ragam kandungan mineral yang ada, daun singkong dipercaya bisa mengobati berbagai gangguan pada tubuh.

3. Mencegah Kanker

Kandungan zat antioksidan seperti polifenol akan membantu tubuh dari penyakit kanker. Polifenol akan membantu membuang racun dan radikal bebas dalam tubuh. Sementara itu zat klorofil yang ditemukan dalam daun memberikan sifat antikanker dan antioksidan. Jadi daun singkong sangat bermnafaat sebagai salah satu menu makanan yang memiliki banyak kandungan antioksidan yang akan membuat kita jauh dari serangan penyakit.

4. Mencegah Obesitas

Daun singkong merupakan sayuran yang memiliki kalori rendah kurang dari 20 per 100 g namun kaya akan nutrisi. Sumber makanan yang rendah kalori tapi kaya nutrisi bisa membantu tubuh selalu sehat dan terhindar dari penyakit. Semakin banyak mengonsumsi sayuran akan membuat Anda tetap fit, sementara mencegah dari kegemukan.

5. Obat Arthritis

Penyakit peradangan area sendi akibat masalah autoimun atau arthritis adalah penyakit yang dapat mengganggu aktivitas. Kita bisa memanfaatkan daun singkong untuk meredakan rasa nyeri akibat arthritis. Caranya rebus 100 gram batang dan daun singkong, 15 gram jahe, dan serai batang dengan 1000 cc air hingga tersisa 400cc. Minuman ini harus diminum dengan cara menyaringnya dua kali sehari di pagi dan sore hari.

6. Obat Cacing

Penyakit cacingan juga dapat diobati dengan menggunakan daun singkong. Kandungan yang ada pada daun singkong bisa menghancurkan cacing yang merugikan kesehatan tubuh terutama terkait dengan masalah pencernaan. Caranya yakni kita bisa meminum air rebusan daun singkong yang telah dicuci bersih secara rutin.

7. Menyembuhkan Luka Luar

Manfaat yang bisa didapatkan selain dengan mengonsumsi daun singkong adalah sebagai obat luka luar seperti luka bakar, luka ringan dan luka bernanah. Cukup tutupi luka dengan daun singkong yang sudah dihaluskan dan kemudian balut dengan perban atau kain, untuk menjaga daun singkong tetap menutup luka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *