Manfaat Temulawak

Inilah Manfaat Temulawak, Terutama Untuk Obat Asam Lambung

Salah Satu Obat Herbal Yang Dapat Digunakan Untuk Mengobati Asam Lambung dan Berbagai Penyakit  Lain Adalah Temulawak.

Temulawak juga termasuk kategori tumbuhan obat alami yang merupakan tanaman asli Indonesia. Tanaman ini kini sudah dibudidayakan di berbagai negara seperti Malaysia, Thailand, Filipina, China, India, Jepang dan Korea.Bagi orang Sunda, temulawak dikenal dengan nama koneng gede, sedangkan di Madura disebut temu labak.

Bentuk temulawak sendiri hampir mirip dengan tanaman kunyit. Bahkan manfaat kunyit juga memiliki kemiripan dengan manfaat temulawak. Untuk membedakannya, rimpang temulawak biasanya memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan kunyit. Perbedaan mendasar adalah warna daging temulawak biasanya berwarna kuning pudar. Sedangkan kunyit memiliki warna lebih pekat alias oranye kemerahan.

Kandungan Nutrisi Temulawak

Untuk mendapatkan khasiat bagi kesehatan, tentunya kita harus mengenal kandungan nutrisi dari temulawak tersebut. Sebab kandungan nutrisi inilah yang menjadi acuan untuk dijadikan sebagai bahan ramuan obat herbal yang cukup ampuh. Berikut ini adalah kandungan nutrisi temulawak per 100 gram.

Kandungan NutrisiJumlahSatuan
Air12.85g
Energi312kcal
Protein9.68g
Total lipid (lemak)3.25g
Karbohidrat67.14g
Serat22.7g
Gula total3.21g
Kalsium, Ca168mg
Besi, Fe55mg
Magnesium, Mg208mg
Phosphorus, P299mg
Potassium, K2080mg
Sodium, Na27mg
Zinc, Zn4.5mg
Vitamin C, ascorbic acid0.7mg
Thiamin0.058mg
Riboflavin0.15mg
Niacin1.35mg
Vitamin B-60.107mg
Asam folat20µg
Vitamin B-120µg
Vitamin A, RAE0µg
Vitamin A, IU0IU
Vitamin E (alpha-tocopherol)4.43mg
Vitamin D (D2 + D3)0µg
Vitamin D0IU
Vitamin K (phylloquinone)13.4µg
Fatty acids, total saturated1.838g
Fatty acids, total monounsaturated0.449g
Fatty acids, total polyunsaturated0.756g
Fatty acids, total trans0.056g

Temulawak juga mengandung beberapa zat aktif seperti pati, protin, serat, kurkumin, minyak asiri, phelandren, tumerol dan borneol.

7 Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Setelah kita mengethui kandungan nutrisi yang terdapat pada temulawak, tentunya kita semakin percaya kalau tanamam ini memang bisa dijadikan sebagai obat herbal yang berkhasiat. Berikut ini kami berikan 7 manfaat dari tanaman temulawak tersebut.

1. Obat Herbal Asam Lambung

Kandungan kurkumin sebagai antiulcer (zat pengikat asam lambung) pada temulawak tentunya bisa dijadikam sebagai obat herbal asam lambung. Kurkumin dalam temulawak menurunkan produksi asam lambung. Selain itu kurkumin meningkatkan produksi mukus pada mukosa lambung sehingga terlindung dari asam yang dapat melukai lambung.

2. Meningkatkan Imunitas

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit kita bisa memanfaatkan temulawak. Karena Temulawak dapat menghasilkan minyak atsiri linalool dan geraniol yang sangat berguna untuk meningkatkan imunitas. Caranya yakni dengan membuat ramuan temulawak dengan cara menghaluskan temulawak kemudian diambil sarinya. Tambahkan madu dan air hangat untuk diminum sehari-hari.

3. Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang paling mamtikan saat ini. Kanker disebabkan oleh paparan radikal bebeas yang kemudian merusak bagian tubuh. Untuk mencegah dan menangkal radikal bebeas, kita bisa memanfaatkan temulawak. Sebab temulawak mengandung zat antioksidan yang merupakan zat penting untuk penangkal radikal bebas.

4. Meningkatkan Stamina

Jika Anda sering mengonsumsi suplemen penambah stamina yang terbuat dari bahan kimia, kini saatnya anda beralih menggunakan temulawak sebagai ramuan yang cukup ampuh. Kandungan tonikum pada temulawak ini sangat efektif untuk mendongkrak stamina. Caranya yakni mengkombinasi temulawak dan manfaat jahe yang kemudian direbus dan dimimum airnya.

5. Menyehatkan Ginjal

Kandungan minyak asiri pada temulawak juga sangat beguna untuk menyehatkan ginjal. Minyak asiri membantu meningkatkan fungsi ginjal dalam menyaring darah dari sisa metabolisme dan racun. Selain itu zat diuretik yang terdapat pada temulawak berfungsi untuk merangsang ginjal untuk melepaskan lebih banyak natrium ke dalam urine.

6. Obat Masuk Angin dan Sakit Kepala

Temulawak juga memiliki kemampuan mengatasi masuk angin dan sakit kepala. Kandungan kurkumin, minyak atsiri, dan xantorrizol yang terdapat pada temulawak sangat ampuh untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut. Cukup minum dua hingga tiga gelas jamu temulawak setiap hari, maka sakit kepala dan masuk angin pun akan mereda.

7. Antibakteri dan Antijamur

Temulawak juga bersifat antibakteri dan jamur. Kandungan antibakteri dalam temulawak memiliki manfaat terutama cukup efektif untuk membasmi bakteri jenis Staphylococcus dan Salmonella. Sementara senyawa antijamurnya cukup ampuh menghilangkan jamur dari golongan dermatofita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *