hipertensi

Hal-hal Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Hipertensi

Selain menjaga pola makan yang sehat, ada beberapa hal yang harus dihindari oleh penderita hipertensi agar tidak menimbulkan efek berbahaya. Sebab sebagian penderita hipertensi tidak memiliki gejala sehingga tidak menyadari akan bahaya hipertensi itu sendiri.

Gejala yang paling umum jika sudah menderita hipertensi adalah sakit kepala yang parah. Namun bagaimana jika penderita tidak menunjukkan gejala tersebut?

Menurut Dr Yuda Turana, SpS(K), Ketua Indonesian Society on Hypertension (INA-SH), ada beberapa faktor yang menyebabkan tensi seseorang tinggi namun tidak mengalami gejala sakit kepala. Meski tidak menunjukkan gejala, jika sudah terdeteksi, sebaiknya dilakukan pengobatan agar tidak menimbulkan komplikasi serius.

Hipertensi sendiri merupakan salah satu faktor risiko kejadian penyakit jantung, stroke dan pembuluh darah. Tentu saja untuk menghindari hal tersebut, kita harus menjalani pola hidup yang sehat baik itu menjaga makanan, gaya hidup maupun serta mengonsumsi obat hipertensi.

“Hipertensi itu penyakit yang nggak ada gejalanya. Kalau sudah ada gejala, tandanya dua. Bisa saja hipertensi sudah terjadi menahun dan baru ketahuan, atau sudah ada kerusakan target organ karena hipertensi, dan merupakan tanda adanya komplikasi,” papar dr Yuda seperti yang kami kutip dari laman health.detik.com.

Yang Harus Dihindari

Apa saja yang harus dihindari oleh penderita hipertensi? Tentu saja menghindari faktor penyebab seperti merokok, makanan yang tidak sehat seperti daging olahan, makanan dan minuman kaleng dan lain-lain. Selengkapnya mengenai makanan pantangan bagi penderita hipertensi bisa dibaca disini.

Sebagai penangkal naiknya tekanan darah, alangkah lebih baiknya penderita mengonsumsi makanan yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Silahkan baca: 5 Jenis Makanan Terbaik Sebagai Penurun Tensi.

Selain makanan, hal yang harus diperhatikan seperti yang kami kutip dari laman jawaban.com antara lain:

Emosi

Emosi yang berlebihan dan terus menerus dapat menyebabkan kekacauan fungsi endokrin yang menimbulkan penyempitan pembuluh darah sehingga tekanan darah menjadi naik. Saat marah, tubuh menjadi tegang, sehingga bisa memicu tekanan darah tinggi. Dampak tekanan darah tinggi bisa berujung pada penyakit stroke.

Menggunakan Tenaga secara Mendadak

Menggunakan tenaga secara mendadak baik itu bagi penderita hipertensi maupun orang sehat akan dapat menyebabkan naiknya tekanan darah.

Tidur Telungkup Terlalu Lama

Tidur dalam keadaan telungkup yang terlalu lama dapat menyebabkan rongga dada akan menerima tekanan sehingga pernafasan akan terganggu. Keadaan semacam ini juga dapat meningkatkan kontraksi otot perut yang kemudian meningkatkan tekanan darah.

Olahraga Dengan Gerakan Cepat

Melakukan olahraga dengan gerakan cepat juga harus dihindari sebab dapat menyebabkan pendarahan pada pembuluh darah otak. Olahraga yang dimaksud seperti gerakan jongkok dan berdiri dengan cepat, atau menggelengkan kepala dengan cepat.

Makan Cepat

Hal yang perlu dihindari selanjutnya adalah makan dengan cepat. Makan dengan cepat dapat menyebabkan terjadinya sindrom metabolik sehingga menimbulkan penyakit stroke dan jantung.

Itulah beberapa “Hal-hal Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Hipertensi”. Sebagai informasi tambahan, anda dapat mengonsumsi obat hipertensi untuk menjaga kestabilan takanan darah anda. Adapun obat hipertensi yang direkomendasikan yakni:

  1. Cardionormin
  2. Tensilab
  3. Cardiovax
  4. Naturatensi
  5. Normalife

Selain obat diatas, anda juga bisa mencoba obat hipertensi alami dari tanaman herbal.

Langganan Artikel Terbaru Kami ✅

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan posting baru melalui email.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *