Gejala sakit kepala sebelah kiri yang wajib diperhatikan

Gejala sakit kepala sebelah kiri yang wajib diperhatikan – Penyebab sakit kepala sebelah kiri dapat muncul dari aktivitas sehari-hari hingga gejala kondisi medis tertentu. Hampir semua orang pernah mengalami sakit kepala sebelah kiri.

Beberapa mengalami secara tiba-tiba. Namun, ada juga yang rasa sakitnya datang perlahan dalam waktu yang lama. Seringkali rasa sakit akan menjalar ke dagu atau belakang telinga.

Ada banyak macam sakit kepala sebelah kiri seperti migrain, sakit kepala tegang, dan sakit kepala cluster.

Biasanya, sakit kepala ini disebabkan oleh banyak kondisi seperti cedera, peradangan, masalah pembuluh darah, dan efek dari konsumsi alkohol yang berlebihan.

Saat sakit kepala sebelah kiri mucul aktivitas kamu akan terganggu. Untuk mengobati sakit kepala kamu lakukan dengan benar, penting untuk mengetahui apa penyebabnya.

Berikut penjelasan penyebab sakit kepala sebelah kiri beserta gejalanya dan cara mengatasinya, yang dikutip dari Mojok Baca.

Gejala sakit kepala sebelah kiri yang wajib diperhatikan

Gejala sakit kepala sebelah kiri yang wajib diperhatikan
Sumber gambar: Foto oleh Liza Summer: https://www.pexels.com/id-id/foto/wanita-muda-rumah-lelah-6382648/

Meski sakit kepala yang terasa hanya sebelah kiri tapi patut diperhatikan dan diwaspai. Karena ada beberapa penyebab sakit kepala sebelah kiri yang perlu kamu perhatikan.

  • Muncul secara tiba-tiba dan sangat menyakitkan

Kalau kamu terasa sakit kepala sebelah kiri sangat menyakitkan perlu diwaspadai. Kalau sudah tidak tertahan harus segera rujuk ke rumah sakit.

Hal ini juga diperhatikan akan rasa sakitnya yang tidak wajar dan saat dipukul sangat sakit dalam hitungan menit.

  • Sulit bicara dan mati rasa

Kalau kamu merasakan sakit kepala sebelah kiri sangat sakit dengan berbicara kamu yang melantur, sulit berbicara dan susah diajak bicara. Kasus seperti ini patut kamu waspadai. Karena takutnya bakal terkena stroke.

  • Gangguan penglihatan

Saat kamu merasakan kesakitan kepala sebelah kiri disertai gangguan pada penglihatan kamu, bisa jadi kamu mengalami migrain yang cukup serius. Rasa sakit yang disebabkan oleh migrain bisa membuat kamu susah melihat atau agak kabur. Biasanya ditandai dengan badan yang lemas dan kesemutan.

  • Sakit makin parah dan berpindah posisi

Kamu harus perhatikan saat sakit yang makin parah dan berpindah posisi saat kamu bergerak ?

Sebagai contoh, saat kamu melakukan aktivitas berpindah posisi dari duduk lalu berdiri, rasa sakit kepala makin parah. Hal ini bisa jadi disebabkan oleh cairan serebrospinal yang ada pada otak.

  • Tidak mempan diobati

Kalau kamu mengalami rasa sakit kepala yang tidak reda juga walaupun sudah di obati. Kamu sangat disarankan untuk konsultasi kepada dokter. Hal ini supaya sakit kepala tidak makin parah dan berakibat fatal.

Cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri

Ada banyak cara untuk mengatasi sakit kepala sebelah kiri yang bisa kamu pakai dan terapkan di kehidupan sehari-hari.

  • Istirahat yang cukup

Saat kamu mengalami sakit kepala, pastinya kamu akan mencari tempat duduk atau tempat untuk rebahan sebagai tempat istirahat kamu. Hal ini berguna untuk merilekskan pikiran.

  • Atur napas

Stress bisa menjadi faktor sakit kepala, itu juga terasa pada sebelah kiri kepala kamu. Cara paling efektif yaitu atur napas supaya meredakan stress yang kamu alami. Cara ini bisa kamu lakukan dengan duduk tenang dan cari suasana yang sepi dan tenang.

  • Pijat Kepala dengan pelan-pelan

Cara bisa kamu lakukan dengan memijat kepala selama 7-15 detik setelah itu lepaskan. Hal ini berguna untuk meredakan sakit kepala pada sebelah kiri.

  • Lakukan peregangan sederhana

Menegangnya otot pada bagian pundak kamu bisa menjadi penyebab sakit kepala yang kamu alami. Hal ini sebabkan dengan banyak hal seperti terlalu lama duduk dengan posisi tertentu.

Selain itu, kelelahan serta stress bisa menjadi penyebab sakit kepala. Jadi kamu sempatkanlah untuk meregangankan otot kamu untuk selama beberapa menit sampai rileks. Gak harus melakukan peregangan yang sulit, cukup lakukan yang sederhana.

  • Perbanyak minum air putih

Banyak orang tau manfaat dari minum air putih yang teratur. Manfaat dari minum air putih yang teratur, terhindarnya dehidrasi. Dehidrasi biasanya dipuci dengan sakit kepala sebelah kiri.

Sekian artikel Tanamanobat tentang  Gejala sakit kepala sebelah kiri yang wajib diperhatikan Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *