AMPUH! Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi tanpa Obat!

  • 5 min read
  • Mar 25, 2021
Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi tanpa Obat

Diperbaharui pada: May 19th, 2021 pukul 06:40 pm

Cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat mungkin terdengar tidak mungkin. Namun setidaknya ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi agar tekanan darah kembali normal. Salah satunya adalah mengonsumsi makanan sehat untuk hipertensi dengan memanfaatkan tanaman herbal.

Nah, apa saja jenis tanaman herbal yang menjadi makanan sehat untuk hipertensi? Silahkan simak uraiannya berikut ini.

Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi tanpa Obat dengan Mengonsumsi Makanan Sehat Untuk Hipertensi

Makanan Sehat Untuk Hipertensi

Makanan sehat untuk hipertensi adalah makanan yang dapat membantu mengatasi dan mencegah terjadinya hipertensi. Untuk Anda yang ingin mengonsumsi makanan yang sehat untuk mengurangi tekanan darah, berikut ini adalah beberapa makanan yang terbaik untuk dikonsumsi saat tekanan darah naik.

1. Daun hijau

Salah satu cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat adalah dengan mengonsumsi daun hijau. Daun hijau ada sangat banyak jenisnya. Mulai dari bayam, sawi, kale dan masih adalah banyak lagi yang lainnya. Daun hijau bukan hanya memiliki manfaat untuk penderita darah tinggi, tapi juga memiliki manfaat untuk banyak masalah kesehatan yang lainnya.

Daun hijau dapat digunakan untuk sayuran untuk penderita hipertensi karena kandungan potasium yang dimilikinya. Kandungan potasium yang dimiliki oleh daun hijau dapat membantu memurnikan darah dengan menghilangkan sodium dalam darah agar dibuang ke urine. Sodium adalah kandungan dalam garam yang sesungguhnya penting, akan tetapi jumlahnya yang berlebihan dapat menyebabkan masalah tekanan darah tinggi naik.

Karena memiliki kandungan potasium yang tinggi ini, maka daun berwarna hijau bisa digunakan sebagai makanan pencegah darah tinggi yang paling efektif dan mudah untuk ditemukan.

2. Bawang Putih

Makanan lain yang cocok digunakan untuk menurunkan darah tinggi adalah bawang putih. Bawang putih adalah salah satu makanan yang sesungguhnya memiliki banyak manfaat. Manfaat penting dari bawang putih salah satunya adalah menurunkan darah tinggi. Kemampuan menurunkan darah tinggi yang dimiliki oleh bawang putih ini disebabkan karena kandungan nitrit oksida yang dimiliki oleh bawang putih. Dengan kandungan nitrit oksida ini bawang putih bisa menjadi salah satu bahan yang paling efektif.

Bawang putih untuk hipertensi sangat baik karena nitrit oksida yang dihasilkan oleh bawang putih dapat membantu merelaksasi pembuluh darah dan juga membantu memperluas pembuluh darah. Dengan kedua manfaat ini, maka bawang putih membuat aliran darah menjadi lebih lancar. Kenali juga manfaat bawang putih lainnya disini.

SEDANG POPULER!

3. Daun Salam

Daun salam juga bisa menjadi salah satu bahan yang sangat bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi. Ada banyak sekali penelitian yang sudah dibuat dan membuktikan bahwa daun salam dapat menurunkan darah tinggi jika dikonsumsi secara rutin. Akan tetapi konsumsi dari daun salam ini tidak dilakukan dengan langsung mengonsumsinya, tapi dengan meminum air rebusan daun salam.

Daun salam merupakan salah satu tanaman yang memiliki kandungan flavonoid yang tinggi. Kandungan flavonoid ini dapat digunakan untuk menurunkan ketegangan dalam otot dan pembuluh darah sehingga dapat digunakan untuk menurunkan darah tinggi.

Daun salam untuk hipertensi ini dilakukan dengan merebus daun salam hingga airnya tinggal ½ setelah itu dikonsumsi sebanyak 2k lai setiap hari. Dengan konsumsi daun salam secara teratur, Anda bisa mendapatkan manfaat yang efektif dari daun salam untuk menurunkan darah tinggi.

4. Madu

Madu adalah bahan yang bisa dibilang superfood. Hal ini disebabkan karena bahan ini memiliki kandungan yang baik dan bisa memberikan keuntungan dalam jumlah besar bagi kesehatan. Salah satu manfaat dari madu adalah madu untuk darah tinggi. Ya, manfaat dari madu untuk menurunkan darah tinggi ini memang belum banyak diketahui, akan tetapi perlu Anda tahu bahwa madu merupakan salah satu bahan yang sangat efektif untuk membantu menurunkan darah tinggi ini. Madu bisa menjadi makanan sehat untuk hipertensi karena kandungan antioksidan yang dimilikinya.

Untuk Anda yang ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari madu untuk menurunkan darah tinggi ini Anda bisa mengonsumsi madu sebanyak 1 kali sehari sebelum tidur. Untuk Anda yang ingin mengonsumsi madu untuk menurunkan darah tinggi, pastikan madu yang Anda konsumsi adalah madu yang asli sehingga kandungan gula dalam madu ini hanya sedikit.

Telusuri juga informasi tentang: >>> obat hipertensi dari ekstrak bahan alami <<<

5. Daun Seledri

Daun seledri merupakan salah satu daun yang terbaik untuk menurunkan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena daun ini memiliki kandungan heksana yang dapat membantu menurunkan darah tinggi. Selain daun seledri untuk hipertensi, daun seledri juga memiliki kandungan metanol dan juga kandungan etanol. Kandungan ini juga ikut membantu memperbaiki sirkulasi darah sehingga sangat baik untuk menurunkan darah tinggi.

Saat ini daun seledri sudah digunakan sebagai bahan obat herbal hipertensi seperti salah satunya adalah Cardionormin. Selain untuk penurunan tekanan darah tinggi, daun seledri juga memiliki banyak manfaat lainnya yang bisa anda baca disini >> Manfaat seledri untuk kesehatan.

6. Blueberry

Pilihan lain untuk menurunkan darah tinggi adalah dengan mengonsumsi buah blueberry. Buah blueberry adalah buah yang termasuk dalam beri-berian. Buah dalam golongan berry ini memang merupakan buah untuk menurunkan tensi. Kemampuan dari buah berry untuk menurunkan tekanan darah ini disebabkan karena kandungan flavonoid yang dimiliki oleh buah berry ini. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kandungan flavonoid merupakan kandungan yang dapat membantu merelaksasi pembuluh darah sehingga aliran darah dapat lebih lancar dan lebih tenang.

Bluberry juga memiliki manfaat baik lainnya seperti untuk menyehatkan mata. Dimana kini sudah banyak obat herbal untuk masalah mata yang menggunakan Blueberry sebagai bahan kandungannya. Beberapa obat herbal mata yang mengandung ekstrak Blueberry yakni Eyelab, Bioseefit dan Topviz.

7. Daun Alpukat

Salah satu tanaman herbal untuk darah tinggi yang akan dibahas disini adalah daun alpukat. Jika kita bicara mengenai buah alpukat, maka buah ini sangat erat kaitannya dengan lemak baik untuk pencernaan dan kesehatan saluran pembuluh darah. Akan tetapi ternyata, manfaat baik tidak hanya bisa didapatkan dari buah alpukat saja. Selain bisa mendapatkan manfaat baik dari buah alpukat, ternyata, manfaat baik dari tanaman alpukat juga bisa didapatkan dari daunnya.

Tidak banyak orang yang menaruh perhatian pada daun alpukat, akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa daun alpukat ini juga memiliki khasiat untuk menurunkan darah tinggi. Khasiat daun alpukat untuk hipertensi ini didapatkan dari banyaknya kandungan potasium yang ada di dalam daun alpukat ini.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, daun dengan warna hijau memang memiliki kandungan potasium yang tinggi. Kandungan potasium ini dapat digunakan untuk menangkal darah tinggi dengan membantu membuat sodium yang ada di dalam ginjal dibuang ke urine. Untuk mendapatkan tambahan asupan potasium ini, Anda bisa merebus daun alpukat setelah itu meminum air rebusan daun tersebut.

8. Daun Ciplukan

Cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat yang terakhir adalah dengan mengonsumsi rebusan daun ciplukan. Bagi Anda yang tinggal di kota mungkin akan sulit menemukan tanaman ciplukan ini. Hal ini disebabkan karena tanaman ciplukan ini merupakan salah satu tanaman liar. Tanaman ini hanya ada di area ladang dan persawahan. Buah dari tanaman ini merupakan buah yang cukup banyak diminati anak-anak saat bermain, akan tetapi yang akan dibahas di sini bukan buahnya tapi malah daunnya.

Meski merupakan tanaman liar, daun ciplukan ini juga memiliki khasiat yang sangat besar untuk membantu menurunkan darah tinggi. Manfaat dari daun ciplukan untuk menurunkan darah tinggi ini disebabkan karena daun ini memiliki kandungan yang dapat dengan efektif membantu memperbaiki siklus peredaran darah.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat daun ciplukan untuk hipertensi, maka Anda bisa mengonsumsi daun ciplukan dengan cara direbus terlebih dahulu. Pertama daun ciplukan yang Anda temukan sebaiknya dikeringkan terlebih dahulu, setelah itu direbus dengan menggunakan air.

Perbandingan antara air rebusan dan daun ciplukan adalah 10 gram daun ciplukan kering berbanding dengan air sebanyak 150 memilih. Setelah itu, rebus dalam waktu 15 menit setelah air mendidih. Setelah itu, saring sisa daun ciplukan dan dinginkan. Air rebusan ini sebaiknya dikonsumsi 1 kali sehari sebagai makanan sehat untuk hipertensi.

Itulah tadi beberapa jenis tanaman herbal yang dapat digunakan sebagai makanan sehat untuk hipertensi. Dengan begitu Anda kini sudah tahu cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat yakni dengan memanfaatkan tanaman herbal tersebut. Semoga bermanfaat!

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Terbaru Kami ✅

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan posting baru melalui email.