Apakah Kopi Bisa Menurunkan Berat Badan

Favicon
Apakah kopi bisa menurunkan berat badan – Ini adalah pertanyaan yang cukup populer dikalangan penyandang kelebihan berat badan.Ini sama halnya saat mereka bertanya tentang “apakah begadang bisa menurunkan berat badan?“. Nah, untuk menjawab pertanyaan apakah kopi bisa kita manfaatkan sebagai penurun berat badan yang aman, silahkan simak penjelasan berikut!

Minum kopi merupakan kebiasaan yang sudah turun temurun sejak dahulu. Dimana biasanya kopi sering diminum di pagi hari sebagai teman sarapan. Namun ada juga yang meminumnya pada siang hari saat istirahat kerja ataupun malam hari saat bercengkrama dengan keluarga.

Meski lebih sering dianggap sebagai pengusir kantuk, faktanya terdapat sejumlah manfaat dari minum kopi. Adapun sejumlah manfaat minum kopi yakni menjaga kesehatan jantung, mengurangsi risiko diabetes, mengurangi risiko kanker, menyehatkan organ dalam dan masih banyak lagi.

Apakah Kopi Bisa Menurunkan Berat Badan

Apakah Kopi Bisa Menurunkan Berat Badan
Sumber : Pexels

Kopi mengandung kafein yang dipercaya dapat membantu mengurangi serta mencegah berat badan naik. Hanya saja penggunaan kopi untuk diet hanya bersifat membantu dan tidak memberikan hasil yang signifikan. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika kita memanfaatkan kopi sebagai penurun berat badan alami.

Kefein dalam kopi membantu meningkatkan metabolisme tubuh serta meningkatkan pembakaran kalori yang kita konsumsi. Meskipun kita tengah tertidur, kafein akan tetap bekerja dengan merangsang thermogenesis yaitu proses menghasilkan panas dan energi untuk terus mencerna makanan.

Kefein juga bermanfaat untuk meningkatkan kewaspadaan dan menangkal rasa kantuk. Dengan demikian kita dapat menjalankan aktivitas dalam jangka waktu yang lebih lama dan mengeluarkan energi lebih banyak.

Selain itu kopi juga dapat menekan nafsu makan sehingga mengurangi keinginan makanan tidak sehat yang dapat memicu kenaikan berat badan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa orang yang minum kopi pada hari itu makan lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

Berdasarkan beberapa teori diatas, maka kita mendapatkan jawaban atas pertanyaan apakah kopi bisa menurunkan berat badan tersebut. Jawabannya adalah bisa. Asalkan tidak menambahkan pemanis atau gula pada kopi. Sebab jika kita tambahkan gula atau pemanis buatan, maka akan meningkatkan jumlah kalori yang kita konsumsi.

Beberapa Tips Minum Kopi Untuk Menurunkan Berat Badan

Setelah mengetahui jawaban atas pertanyaan tersebut, sekarang mari kita simak tips minum kopi untuk menurunkan berat badan berikut ini.

  • Jangan Tambahkan Gula. Sebaiknya jangan tambahkan gula dalam seduhan kopi Anda. Sebab menambahkan gula malah dapat meningkatkan asupan kalori yang justru memicu kenaikan berat badan. Cobalah menyeduh kopi tanpa gula agar rasa dan manfaat kopi lebih terasa.

  • Pilih Jenis Kopi yang Tepat. Tips selanjutnya yakni memilih jenis kopi yang baik untuk diet. Kopi light roast lebih bagus karena lebih kaya akan antioksidan polifenol daripada roasting medium atau dark. Selain itu Anda juga dapat memilih dan membeli biji kopi hitam tanpa tambahan apapun.

  • Kenali Batas Minum Kopi Per Hari. Anda juga harus mengenali berapa batas maksimal minum kopi per hari. Untuk orang dewasa, batas aman konsumsi kopi adalah sekitar 400 mg kafein atau sekita 4 cangkir per hari. Jangan melebih batas aman yang sudah ditentukan sebab dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Itulah tadi jawaban atas pertanyaan apakah kopi bisa menurunkan berat badan. Semoga jawaban tersebut dapat menambah wawasan dan dapat berguna bagi kita bersama.

Semoga informasi Apakah Kopi Bisa Menurunkan Berat Badan bermanfaat, ikuti terus Tanamanobat untuk mendapatkan beragam informasi menarik lainnya

Sumber referensi:

  1. https://hellosehat.com/nutrisi/diet/minum-kopi-bisa-menurunkan-berat-badan/
  2. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3634407/cara-menurunkan-berat-badan-dengan-minum-kopi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *