Manfaat buah alpukat

Alpukat, Buah Segar Yang Kaya Nutrisi dan Manfaat

Buah Alpukat Mengandung Nutrisi Penting Seperti: Protein, Lemak Bermanfaat, Vitamin, Mineral dan Masih Banyak Lagi.

Bagi kita orang Indonesia tentunya sudah tidak asing dengan buah segar yang bernama alpukat. Buah yang berwarna hijau ini tumbuh subur di Indonesia dan dapat di temukan hampir diseluruh pelosok Indonesia. Tentu saja kita sangat bersukur karena dianugerahi tanaman penghasil buah yang kaya akan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Karena kandungan nutrisi penting yang terdapat pada buah alpukat tersebut, sudah seharusnya buah-buahan ini menjadi menu wajib untuk dikonsumsi. Meski terdapat beberapa virietas, namun manfaat yang diberikan bisa dibilang sama. Akan tetapi jenis alpukat mentega lebih digemari karena daging buahnya berwarna layaknya mentega dan tebal tanpa serat.

Kandungan Nutrisi Buah Alpukat

Sebagaimana yang disampaikan oleh beberapa penelitian, ternyat buah alpukat memiliki banyak kandungan nutrisi penting. Apa saja kandungan nutrisi buah alpukat?

  • Protein
    Buah alpukat memiliki 8 asam amino esensial yang dapat bermanfaat bagi tubuh untuk membentuk protein lengkap. Protein yang terdapat pada buah alpukat juga mudah diserap karena ia juga mengandung serat.
  • Lemak Bermanfaat
    Buah alpukat ini juga mampu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik dalam tubuh. Ini sama halnya dengan minyak zaitun. Kolesterol HDL ini sangat berguna untuk melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu HDL ini juga dapat membantu mengatur kadar trigliserida serta mencegah diabetes.
  • Karotenoid
    Kandungan penting selanjutnya yakni karotenoid. Alpukat mengandung beragam jenis karotenoid seperti beta-karoten, alfa-karoten dan lutein, tetapi juga varietas yang kurang dikenal dari jenis phytonutrient seperti neoxanthin, zeaxanthin, chrysanthemaxanthin, neochrome, beta-cryptoxanthin dan violaxanthin. Kandungan karotenoid ini akan memberikan banyak asupan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.
  • Lutein
    Kandungan lutein pada buah alpukat juga sangat berguna bagi kesehatan. Lutein juga terkandung pada Bioseefit obat mata yang merupakan enyawa karotenoid, phytonutrient dan antioksidan alami yang juga sangat baik untuk obat mata.
  • Vitamin dan Mineral
    Buah alpukat kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang berbeda. Beberapa vitamin dan mineral yang paling banyak terkandung dalam buah alpukat adalah vitamin C, vitamin K, folat, kalium, zat besi, vitamin E, dan vitamin B6.

16 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

Setelah kita tahu kandungan yang terdapat pada buah alpukat, tentunya kita bisa yakin kalau buah ini memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Nah, lantas apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi buah alpukat tersebut? Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan berkat kandungan nutrisi buah alpukat.

  1. Mencegah Kanker
  2. Meringankan Gejala Arthritis
  3. Menjaga Gula Darah
  4. Menurunkan Berat Badan
  5. Menjaga Kesehatan Jantung
  6. Menjaga Kesehatan Mata
  7. Meningkatan Fungsi Kognitif
  8. Menjaga Kesehatan Rambut
  9. Melancarkan Pencernaan
  10. Meredakan Stres
  11. Mencegah Resiko Diabetes
  12. Mencegah Peradangan Sendi
  13. Menurunkan Kolesterol
  14. Menguatkan Tulang
  15. Baik Kesehatan Kulit
  16. Menangkal Radikal Bebas

Itulah ulasan kami kali ini mengenai kandungan nutrisi buah alpukat dan manfaatnya bagi kesehatan. Semoga dapat menambah wawasan Anda dan dapat berguna bagi Anda semua. Terim kasih.

Langganan Artikel Terbaru Kami ✅

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan posting baru melalui email.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *