makanan penurun tensi

5 Jenis Makanan Terbaik Sebagai Penurun Tensi

Penderita hipertensi sudah sepatutnya menjaga pola makan yang sehat seperti mengonsumsi makanan penurun tensi agar tekanan darah tetap terjaga. Meski tidak ada makanan yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat, namun menjaga pola makan yang sehat dapat membantu menurunkan perlahan-lahan.

DASH atau Dietary Approaches to Stop Hypertension adalah pola makan yang direkomendasikan bagi penderita hipertensi. Tentu saja pola makan yang direkomendasikan ini memiliki prinsip yakni:

  1. Meningkatkan asupan nutrisi dari biji-bijian utuh, ikan, unggas, dan kacang-kacangan.
  2. Memperbanyak konsumsi buah, sayur, dan produk susu rendah lemak.
  3. Mengurangi konsumsi garam, makanan dan minuman manis, serta daging merah.
  4. Mengurangi makanan yang tinggi lemak jenuh, kolesterol, dan lemak trans.

Lalu apa sajakah jenis makanan penurun tensi yang direkomendasikan bagi penderita hipertensi tersebut? Silahkan simak ulasan berikut ini.

Rekomendasi Makanan Penurun Tensi

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti selada, arugula, kubis, lobak hijau, sawi, bayam, dan lainnya adalah sayuran yang paling sering kita jumpai. Tidak hanya lezat, sayuran hijau juga memiliki beberapa manfaat baik bagi kesehatan termasuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Manfaat sayuran hijau untuk menurunkan tekanan darah tinggi yakni berkat kandungan potasium yang dapat membantu ginjal mengeluarkan sodium melalui urin. Hal ini dapat membantu menurunkan tekanan darah.

2. Buah bit

Pada artikel sebelumnya kami telah menerbitakan artikel tentang “obat mata alami” yakni dari buah bit. Namun ternyata buah ini juga memiliki khasiat untuk menurunkan tensi darah.

Manfaat Buah bit sebagai obat hipertensi alami ini berkat kandungan nitrat. Mengonsumsi jus buah bit terbukti dapat menurunkan tekanan darah hanya dalam waktu sehari semalam saja.

3. Gandum

Gandum memiliki serat tinggi, rendah lemak, dan rendah natrium sehingga sangat bagus untuk penderita hipertensi. Selain sebagai makanan penurun tensi, gandum juga dapat membantu meningkatkan energi untuk menjalani aktivitas Anda.

Beras gandum, roti gandum, sereal gandum atau sarapan berserat tinggi seperti rolled oat, bubur gandum, atau untoasted muesli adalah pilihan versi gandum yang bisa dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

4. Susu skim

Susu skim merupakan sumber kalsium terbaik namun rendah lemak yang mana cukup ampuh membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Namun bagi anda yang kurang suka dengan susu, anda dapat menggantinya dengan yogurt.

Anda dapat mengkombinasikan yogurt dengan granola, potongan almond, dan buah agar rasanya semakin nikmat dan juga lebih segar.

5. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu penyedap rasa yang ternyata juga berkhasiat sebagai makanan penurun tensi. Manfaat ini didapatkan berkat kandungan zat alami seperti:

  • Allicin (allyl 2-propenethiosulfinate or diallyl thiosulfinate)
  • Allyl methyl thiosulfonate
  • 1-propenyl allyl thiosulfonate
  • Y-L-glutamyl-S-alkyl-L-cysteine

Kandungan zat alami tersebut akan merangsang tubuh untuk menghasilkan zat nitric oxide (NO) dan hydrogen sulphide (H2S) yang dapat meningkatkan vasodilatasi atau pelebaran arteri untuk mengurangi tekanan darah.

Itulah 5 jenis makanan terbaik untuk penurun tensi darah. Selain menjaga pola makan yang sehat dengan mengonsumsi makanan penurun darah tinggi, kita dapat melakukan pengukuran tekanan darah secara teratur atau anda dapat mengonsumsi obat anti hipertensi berikut ini.

  1. Cardionormin
  2. Tensilab
  3. Cardiovax
  4. Naturatensi
  5. Normalife

Langganan Artikel Terbaru Kami ✅

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan posting baru melalui email.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *