Makanan Pantangan Diabetes

5 Jenis Makanan Pantangan Diabetes Yang Harus Dihindari

Penderita diabetes harus menjaga pola makan dengan menghindari makanan pantangan supaya kadar gula darah tetap terkendali. Kebanyakan penderita diabetes mengetahui hal tersebut namun mengabaikannya sehingga memperburuk kondisi si penderita itu sendiri.

Makanan pantangan yang harus di hindari yakni makanan yang tinggi kalori dari karbohidrat dan gula. Apa saja makanan pantangan yang harus dihindari oleh penderita diabetes tersebut? Silahkan simak ulasan berikut ini.

Makanan Pantangan Diabetes Yang Harus Dihindari

Dibawah ini adalah beberapa jenis makanan pantangan diabetes yang kami kutip dari laman hellosehat.com.

1. Nasi Putih

Mungkin ini terdengar tidak mungkin untuk tidak mengonsumsi nasi putih. Namun yang dimaksud disini bukan berarti tidak boleh makan nasi putih sama sekali. Penderita diabetes tetap dapat mengonsumsinya tapi dengan porsi yang lebih sedikit.

Pasalnya nasi putih merupakan sumber utama dari karbohidrat sederhana. Karbohidrat sederhana pada nasi putih merupakan karbohidrat yang paling cepat dicerna dan diserap tubuh untuk diolah menjadi glukosa atau gula darah. Ini tentunya akan sangat berbahaya jika penderita diabetes mengonsumsi nasi putih secara terus menerus dan dalam jumlah yang banyak.

Untuk menghindari nasi putih, kita bisa menggantinya dengan makanan yang rendah karbohidrat seperti nasi merah, jagung, atau ubi jalar.

2. Minuman Manis

Makanan pantangan diabetes yang kedua yakni minuman yang manis. Maksudnya disini adalah minuman yang mengandung bahan gula baik itu alami maupun buatan. Sebab minuman yang mengandung gula tentunya akan dapat meningkatkan kadar gula darah.

Beberapa minuman yang harus dihindari seperti teh, kopi, sirup, minuman soda dan minuman kemasan lain. Sebab umumnya minuman kemasan yang diolah di pabrik mengandung pemanis buatan atau gula untuk mengawetkan dan menambah citarasa.

Sama halnya dengan nasi putih, bukan berarti anda tidak boleh mengonsumsi gula sama sekali. Hanya saja jumlahnya harus dikurangi dan jika perlu gunakan gula pengganti seperti sakarin, stevia, sukralosa, xylitol dan erythritol.

3. Makanan Yang Mengandung Lemak Jenuh

Lemak jenuh atau lemak trans dapat meningkatkan resistensi insulin dan naiknya kadar gula darah. Selain itu juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang tentunya berdampak buruk bagi kesehatan.

Keripik kentang kemasan, kentang goreng, dan gorengan adalah beberapa contoh makanan yang kaya akan lemak trans. Pasalnya minyak goreng dan karbohidrat tinggi dari kentang dapat menyebabkan dapat meningkatnya kadar gula darah. Contoh makanan lain yang mengandung lemak trans adalah margarin, selai, dan makanan yang diawetkan.

4. Buah Yang Dikeringkan

Buah yang dikeringkan mengandung gula yang tinggi ketimbang gizi dan vitamin serta mineral asli yang biasanya terkandung pada buah segar. Hal ini dikarenakan saat proses pengeringan, yang tersisa hanyalah kandungan gulanya.

Selain itu untuk menambah citarasa dan mengawetkan, biasanya buah kering ditambahkan gula yang justru berpotensi meningkatkan kadar gula darah. Oleh karenanya hindari mengonsumsi buah kering tersebut.

5. Susu dan Madu

Makanan pantangan diabetes yang selanjutnya yakni produk susu. Susu full cream, es krim, yoghurt, dan keju adalah contoh produk susu yang juga harus dihindari agar kadar gula darah tidak kembali naik. Sebagai pengganti, kita dapat mengonsumsi susu skim ataupun yoghurt rendah lemak dan keju rendah lemak.

Madu juga harus dihindari sebab penelitian di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) menunjukkan bahwa mengonsumsi madu dapat meningkatkan kadar insulin dan gula darah. Total karbohidrat yang terdapat pada madu bahkan bisa jauh lebih tinggi ketimbang gula pasir. Misalnya saja, satu sendok makan gula putih memiliki 12,6 gr glukosa, namun ternyata kadar glukosa madu sebesar 17 gr, sirup agave sebesar 16 gr, dan sirup maple sebesar 13 gr.

Baca juga: 4 Rahasia untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Anda

Itulah beberapa makanan pantangan diabetes yang harus dihindari. Selain menghindari makanan pantangan, menjaga pola hidup yang sehat juga sangat diperlukan agar gula darah tatap terjaga. Selain itu mengonsumsi obat herbal diabetes juga bisa dilakukan untuk membantu menjaga kestabilan kadar gula darah tersebut. Berikut adalah beberapa rekomendasi obat diabetes dari kami.

  1. Herbal Glucoactive
  2. Gluconormix
  3. Fitabets

Nah, obat diabetes alami juga sangat direkomendasikan sebab lebih efektif dan lebih aman ketimbang obat-obat yang mengandung bahan kimia. Silahkan baca disini.

 

Langganan Artikel Terbaru Kami ✅

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan posting baru melalui email.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *